Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin resmi buka Kongres Halal Internasional 2022
Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin resmi buka Kongres Halal Internasional 2022 ( wapres.go.id)

Kongres Halal Internasional Dibuka Langsung Oleh Wapres RI, Ini Harapan Bupati Bateng

15 Juni 2022 20:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman menghadiri Kongres Halal Internasional (KHI) 2022 yang berlangsung di Novotel Bangka Hotel and Convention Centre, Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa (14/06/2022).

Dengan diiringi tabuhan bedug, Kongres Halal Internasional 2022 ini secara resmi dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH. Ma’ruf Amin.

KHI 2022 di Provinsi Kepulauan Babel ini diselenggarakan selama 4 hari mulai dari tanggal 14 Juni hingga 18 Juni 2022.

Wapres Ma'ruf Amin menuturkan, saat ini Indonesia merupakan konsumen halal terbesar di dunia, yakni sebesar 10%. Menurutnya, hal ini juga menjadi faktor bagi Pemerintah Indonesia melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia di tahun 2024.

“Komite Nasional juga sudah memulai langkah baru, yakni Bergerak Lebih Cepat Untuk Mewujudkan Indonesia Sebagai Pusat Halal Dunia. Oleh karena itu, kita akan terus melakukan percepatan itu. Di daerah akan dan sudah ada yang dibentuk, yaitu KDEKS atau Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah,” terang Ma’ruf Amin.

Ma’ruf Amin menambahkan, Provinsi Bangka Belitung juga akan segera dibentuk KDEKS mengikuti Sumatera Barat, Riau, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

“Oleh karena itu, nanti Provinsi Kepulauan Babel juga harus segera dibentuk KDEKS karena sudah menjadi Provinsi Halal,” tuturnya.

Wapres RI yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini juga menjelaskan, KHI 2022 di Babel ini merupakan salah satu ikhtiar untuk memajukan sektor ekonomi dan keuangan syariah di dalam negeri.

“KHI ini sekaligus juga mempromosikan konsep-konsep ekonomi syariah negara kita agar semakin diminati oleh masyarakat dunia,” kata Ma’ruf Amin di hadapan para peserta yang hadir secara daring maupun luring.

Sementara itu, Bupati Bateng, Algafry Rahman dalam rilisnya mengatakan bangga atas digelarnya KHI 2022 di Provinsi Kepulauan Babel.

SumberDiskominfosta Bangka Tengah
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm