Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat mengunjungi pasar Cibubur di hari pertama ia menjabat menjadi Menteri Perdagangan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat mengunjungi pasar Cibubur di hari pertama ia menjabat menjadi Menteri Perdagangan ( KOMPAS.com)

Hari Pertama Jadi Mendag, Zulkifli Hasan Syok Saat Kunjungi Pasar

16 Juni 2022 16:34 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengaku syok lantaran mengetahui hampir semua harga bahan pokok alias bapok naik.

Hal itu dia ungkapkan saat mengunjungi Pasar Cibubur di hari pertama menjabat sebagai  Menteri Perdagangan.

"Saya terus terang syok juga karena tadi pembelinya ngeluh yang dagang ngeluh dan itu kita tadi lihat langsung akibat harga kebutuhan bapok hampir semua naik. Hanya beras yang tidak (naik)," ujarnya di Pasar Cibubur, Kamis (16/6/2022).

Dia menyebut harga cabai rawit merah naik hampir 20-30 persen dari Rp 80.000 per kilogram jadi Rp 100.000 hingga Rp 110.000. per kilogram.

"Begitupun cabai merah keriting yang juga naik jadi Rp 95.000 per kilogram. Bawang merah juga naik hampir 20 persen," ungkapnya.

Selain itu, harga telur juga naik rata-rata menjadi Rp 29.000 per kilogram. Kenaikan juga terjadi pada harga ayam.

Sementara daging sapi, kata dia, harganya naik namun pembelinya sepi lantaran adanya wabah Penyakit Mukut dan Kuku (PMK).

"Sehingga masyarakat mengurangi pembelian karna wabah itu," kata Zulkifli.

Oleh sebab itu, lanjut dia, melihat harga bahan pokok yang hampir semua naik, dia mengatakan harus bekerja cepat.

Ia mengaku akan mengajak kementerian lain untuk bekerja sama untuk menyelesaikan persoalan kenaikan harga bahan pokok..

"Ini kan tidak Kemendag saja. Makanya kita akan berkoordinasi dengan Menko Perekonomian atau masalah cabai ke Kementerian pertanian. Kita harus kerja cepat," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Pertama Jadi Mendag, Zulkifli Hasan Syok Saat Kunjungi Pasar", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/06/16/154305426/hari-pertama-jadi-mendag-zulkifli-hasan-syok-saat-kunjungi-pasar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm