lustrasi mangga harum manis.
lustrasi mangga harum manis. ( shutterstock/Sallehudin Ahmad)

Bekas Getahnya Sedikit, Berikut 3 Ciri Mangga Yang Matang Dan Manis

18 Juni 2022 14:47 WIB

SonoraBangka.id - Jika ingin membeli mangga yang matang dan manis, sebaiknya perhatikan terlebih dulu bagian luarnya. Mangga matang dan manis memiliki beberapa ciri, mulai dari bentuk fisik hingga aroma buahnya. Sobir, Peneliti di Pusat Kajian Hortikultura Tropika IPB membagikan tiga ciri mangga yang matang dan manis berikut ini.

1. Bekas petikan mangganya sudah tertutup kembali

Ciri mangga matang dan manis bisa dilihat dari bekas petikannya yang terdapat di bagian atas atau dekat pangkal buah. "Kalau bekas pemotongan tangkainya sudah terbentuk kembali, berarti matang (pohon). Kalau yang dipaksa panen itu bekas potongan tangkainya masih ada serabut karena memang belum waktunya dipanen," jelas Sobir.

2. Kandungan getah mangga tidak banyak

Mangga yang sudah matang tidak meninggalkan banyak getah di tangkai atau bekas pemanenannya. "Kandungan getah mangga matang berkurang karena lapisan atasnya sudah menutup jaringan getah," ujar Sobir ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/6/2022). Menurut Sobir, semakin banyak bekas getah artinya mangga masih muda.

3. Aroma mangga matang biasanya manis

Sobir menuturkan, setiap jenis mangga memiliki aroma buah yang berbeda ketika matang. Namun umumnya, mangga yang matang dan bercita rasa manis tidak beraroma menyengat, seperti kebanyakan mangga muda. "Aroma mangganya tidak kencang, justru aroma manisnya mulai muncul, kayak gula," kata Sobir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Ciri Mangga Matang dan Manis, Bekas Getahnya Sedikit", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/06/17/180600575/3-ciri-mangga-matang-dan-manis-bekas-getahnya-sedikit.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm