Filter kabin atau AC pada mobil(Denso)
Filter kabin atau AC pada mobil(Denso) ( kompas.com)

Kebiasan Buruk yang Membuat AC Mobil Cepat Rusak

18 Juni 2022 16:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Kegiatan Merawat air conditioner (AC) mobil menjadi salah satu hal penting yang dilakukan guna menunjang kenyamanan saat berkendara.

Tapi menjaga kinerja AC tetap prima ternyata tak cukup mengandalkan perawatan rutin di bengkel spesialis.

Menurut Rohim, pemilik bengkel Sejuk AC Sukses, Authorized Dealer Denso Jakarta Barat mengatakan, ada beberapa hal yang sebenarnya penting dilakukan namun sering dianggap sepele pemilik mobil.

Karena kabin yang kotor membuat partikel debu menempel pada sistem sirkulasi AC. Efeknya, semakin sering terhisap akan mempercepat penumpukan pada filter kabin, dan menimbulkan aroma yang kurang sedap.

Merokok di dalam kabin menurut Rohim juga menjadi kebiasaan buruk yang berpotensi membuat kinerja filter menjadi berat, sehingga diperlukan penggantian filter AC yang lebih sering.

"Ini lantaran debu dan asap rokok membuat filter udara berwarna kecokelatan, lengket dan tak mudah dibersihkan dengan udara bertekanan," ucap Rohim, dalam keterangan resminya, Jumat (17/6/2022).

Kebiasaan lain yang membuat komponen AC cepat kotor dan kerap disepelekan adalah sering membuka kaca mobil saat berkendara. Hal tersebut menurut Rohim, bisa mengontaminasi udara di dalam kabin.

"Membuka kaca saat kondisi AC dinyalakan, membuat udara di kabin tercampur dengan udara di luar mobil berdebu, kotor, dan juga lebih panas, sehingga membuat kompresor bekerja lebih ekstra untuk membuat kabin tetap sejuk dan dingin," katanya.

Penggunaan kaca film yang berkualitas juga berpengaruh menjaga suhu di dalam kabin. Agar kerja sistem AC lebih ringan, Rohim menyarankan pemilik mobil mengaplikasi kaca film dengan daya tolak paparan sinar matahari yang baik.

Terakhir mengecek performa AC secara berkala untuk memastikan kualitas dan keawetannya. Karena meskipun cuma satu komponen yang mengalami masalah, tapi dampaknya bisa membuat sistem AC terganggu secara keseluruhan.

Rohim mengatakan, banyak bengkel spesialis AC Authorized Dealer Denso, seperti miliknya yang bisa dimanfaatkan pemilik mobil untuk melakukan perawatan dengan beragam paket pengerjaan.

Seperti penggantian filter, pencucian evaporator dengan borescope, pengecekan kondisi freon dan menghilangkan bau tak sedap menggunakan Denso Cleverin.

"Denso Cleverin mampu mengembalikan aroma segar dan nyaman dalam kabin dengan bentuk cairan dalam cartridge yang dimasukkan ke dalam sejenis generator dan menyebarkan zat cleverin pembunuh kuman dan bakteri ke seluruh bagian kabin," ujar Rohim.

"Melakukan perawatan berkala sistem AC sekitar 6 bulan sekali atau tiap 10.000 Km, punya manfaat yang besar karena dapat menghindari kerusakan fatal seperti penggantian satu sistem AC yang biayanya tak sedikt," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebiasan Buruk yang Bikin AC Mobil Cepat Rusak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/17/173100315/kebiasan-buruk-yang-bikin-ac-mobil-cepat-rusak?page=all#page2.


KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm