Ilustrasi menanam bawang merah.
Ilustrasi menanam bawang merah. ( SHUTTERSTOCK/WISAWA222)

Tidak Buat Pedih Mata, Berikut 5 Cara Cepat Kupas Bawang Merah

19 Juni 2022 06:31 WIB

SonoraBangka.id Bawang merah merupakan bahan masakan yang sering digunakan dalam membuat bumbu makanan Indonesia.  Umumnya, bawang merah dijual dengan kulit yang masih menempel. Ada cara mengupas bawang merah yang cepat dan tidak membuat mata pedih yang bisa kamu ikuti.  Dilansir dari laman The Kitchn, simak cara cepat kupas bawang merah berikut ini. Mudah dipraktekkan. 

1. Rendam bawang merah di air mendidih

Cara mengupas bawang merah tanpa menangis adalah rendam bawang di dalam air mendidih. Rendam selama dua sampai tiga menit sampai kulit terluar dari bawang merah lunak.

2. Bilas bawang merah di air dingin

Setelah merendam bawang merah di air mendidih, bilas dengan air dingin yang mengalir untuk menghentikan proses memasak bawang merah.

3. Potong bagian atas dan ujung akar bawang merah

Cara mengupas bawang merah yang selanjutnya adalah potong bagian atas dan ujung akar bawang merah. Cara ini untuk melonggarkan kulit bawang sehingga mudah dikupas.

4. Buat irisan di lapisan atas bawang merah

Buat sedikit irisan di lapisan atas bawang merah. Pastikan kamu tidak melewati lebih dari satu lapisan bawang merah.

5. Kupas dari lapisan atas

Kalau lapisannya sudah teriris, kupas dari lapisan atas kebawah atau melingkar. Bawang merah siap digunakan untuk bahan bumbu tanpa ada kulit kering yang menempel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Cepat Kupas Bawang Merah, Tidak Bikin Pedih Mata", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/06/17/100700975/4-cara-cepat-kupas-bawang-merah-tidak-bikin-pedih-mata.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm