ilustrasi keju parut.
ilustrasi keju parut. ( shutterstock/Eva Hidayah)

Agar Tak Mudah Patah,Berikut Tips Dari Chef Cara Parut Keju Gondrong

22 Juni 2022 19:24 WIB

SonoraBangka.id - Cara memarut keju agar hasilnya panjang sempurna dan tidak patah, terbilang gampang-gampang susah. Sebab, salah memarut keju bisa menyebabkan hasil parutan bentuknya berantakan dan kurang cantik dipandang untuk jadi topping makanan.  Ada tiga cara memarut keju memanjang dan tidak patah yang disarankan oleh Chef Prochiz, Tian. Tips ini cocok digunakan untuk kamu yang ingin membuat keju parut sebagai topping aneka kue dan roti.

1. Tekuk posisi parutan keju

Bentuk parutan akan memengaruhi hasil akhir keju parut. Tian mengatakan, parutan keju harus ditekuk sebelum memarut. "Keju kan posisinya datar waktu diparut, karena sama-sama datar dengan parutan, posisi parutannya harus ditekuk," kata Tian saat ditemui Kompas.com dalam konferensi pers peluncuran Prochiz Cheddar Royale, di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (15/6/2022). Kamu bisa memegang parutan dengan tangan kiri, lalu menekuk badan parutan di tangan kanan perlahan.

2. Gerakan parutan, bukan keju

Jangan menggerakan keju selama memarut. Cukup diamkan bahan makanan ini di atas wadah datar seperti talenan, lalu letakkan parutan di atasnya. Arahkan parutan persis seperti posisi keju, lalu gerakkan perlahan untuk memarut keju memanjang.

3. Agak tekan parutan keju

Terakhir, Tian menyarankan untuk menekan parutan selama memarut keju agar hasilnya rapi memanjang. "Saat memarut keju, kalau berhenti sebentar saja itu bisa patah. Jadi harus sekali tarik tetapi jangan terlalu kuat," kata Tian.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Parut Keju Gondrong dan Tidak Patah, Tips dari Chef", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/06/22/170300475/3-cara-parut-keju-gondrong-dan-tidak-patah-tips-dari-chef.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm