Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman bersama Forkopimda dan jajaran OPD di Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2022
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman bersama Forkopimda dan jajaran OPD di Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2022 ( Ist/ Diskominfosta Bangka Tengah)

Bupati Bangka Tengah Bersama Forkopimda Pantau Pilkades di Beberapa TPS

23 Juni 2022 11:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman bersama Forkopimda dan jajaran OPD di Pemkab Bangka Tengah memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2022 di sejumlah TPS yang berada di Kecamatan Koba, Namang, Sungaiselan, Simpang Katis, dan Pangkalan Baru.

Pemantauan ini disertai video conference dengan Dirjen Bina Pemerintahan Desa dari Kantor Camat Sungaiselan, Rabu (22/06/2022).

Algafry menjelaskan, bahwa Pilkades kali ini dilakukan serentak di 29 desa dari 63 desa/kelurahan yang ada di Bangka Tengah.

Terdapat 3 tahapan yang telah dilalui, yakni tahapan penetapan calon dan daftar pemilih pada bulan Maret, tahapan persiapan sejak dua hari lalu dan hari ini tahapan pemungutan suara.

"Hari ini merupakan tahapan pemungutan suara yang dilakukan di 29 desa di Bangka Tengah dan sudah dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Bahkan TPS sudah dipersiapkan sejak pukul 06.00 WIB. Alhamdulillah, situasi pelaksanaan Pilkades berjalan lancar dan tetap menerapkan prokes serta diharapkan tidak ada yang golput. Setidaknya 90 persen warga ditargetkan menyuarakan hak pilihnya," ucapnya.

Algafry juga menyampaikan, dari 29 desa ini terdapat 114 calon Kades serta terdapat 132 TPS dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yakni 54.939 DPT.

"Kita juga menyiapkan 5 persen surat suara cadangan, yakni 2.752 surat suara dan insyaallah pukul 12.30 WIB akan dilakukan perhitungan disaksikan para saksi dan masyarakat," terangnya.

Saat ditemui, Kapolres Bangka Tengah, AKBP. Moch Risya Mustario mengatakan pihaknya menerjunkan 248 personil dengan Tim Gabungan yang terdiri dari Polres Bangka Tengah, Polres Pangkalpinang, Kodim 0413 Bangka, Koramil, Pol PP dan Linmas.

"Dalam pengamanan Pilkades di setiap TPS, kita menerapkan pola 122, yaitu 1 Polri, 2 Linmas dan 2 Pol PP. Sedangkan Babinsa dan Koramil di masing-masing desa menyesuaikan," ucap Risya.

Lebih lanjut Risya menerangkan, untuk daerah yang dianggap rawan sampai saat ini masih terpantau aman dan pihaknya akan tetap melakukan pengawasan sampai semua tahapan Pilkades berakhir.

Tampak dalam rombongan pemantauan ini diantaranya Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Kapolres, Kajari, dan Pabung Kodim.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm