Ilustrasi renovasi rumah
Ilustrasi renovasi rumah ( Shutterstock.com )

Mau Tahu, Ini 5 Tips Cerdas untuk Menghemat Biaya Renovasi Rumah

24 Juni 2022 13:56 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu cara untuk membuat rumah menjadi lebih indah dan nyaman untuk dihuni adalag dengan merenovasi.

Apalagi, jika rumah sudah menunjukkan beberapa kerusakan, seperti atap bocor, tembok retak, dan pagar berkarat. Merenovasi rumah pun menjadi kebutuhan yang tidak dapat ditunda.

Akan tetapi, renovasi rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Meski sekarang ada aplikasi kredit online yang dapat membantu meringankan Anda dalam membeli kebutuhan renovasi rumah, Anda tetap harus memiliki strategi agar dana yang dikeluarkan tidak berlebihan.

Dengan sedikit trik, Anda dapat menekan pengeluaran agar tidak membengkak. Begini caranya.

1. Tentukan bagian yang ingin direnovasi

Sebelum melakukan renovasi, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu bagian-bagian rumah. Kemudian, tentukan bagian rumah yang paling butuh diperbaiki.

Anda juga perlu memiliki mindset bahwa tidak semua ruangan harus direnovasi dalam satu waktu. Selain itu, jika ingin membuat ruangan baru, maka tentukan rancangan ruangan sedetail mungkin.

Sebagai contoh, Anda ingin membuat satu kamar studio. Hindari keinginan untuk menambah ruangan lain atau membeli aksesori tambahan, seperti meja gantung, wallpaper unik, atau buffet kecil.

2. Rencanakan anggaran pengeluaran

Setelah menentukan bagian-bagian rumah yang ingin direnovasi, Anda dapat merencanakan biaya yang perlu dikeluarkan.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm