Kebiasaan meletakkan helm di spion bisa merusak kaca spion dan juga helm itu sendiri.(Ari Purnomo)
Kebiasaan meletakkan helm di spion bisa merusak kaca spion dan juga helm itu sendiri.(Ari Purnomo) ( kompas.com)

Taruh Helm di Kaca Spion Motor Ternyata Berpotensi Negatif

24 Juni 2022 19:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saat ini menaruh helm di kaca spion sepeda motor seolah menjadi kebiasaan dari banyak pengendara saat memarkirkan motor.

Tapi menaruh helm di kaca spion motor merupakan kebiasaan yang bisa berdampak buruk pada aspek durabilitas helm tersebut.

Pegiat komunitas Belajar Helm, Ahmad M mengatakan kalau kebiasaan pengendara menaruh helm di spion motor saat parkir berpotensi merusak bagian dalam helm.

"Kalau ditaruh di spion motor, itu akan gampang memberikan bekas tekanan pada EPS helm, hal tersebut dapat mengakibatkan struktur EPS dapat berubah atau tidak bisa tahan benturan," kata Ahmad kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

EPS alias Expanded Polystyrene / Styrofoam merupakan bagian peredam yang menempel di bagian dalam batok helm. EPS berperan penting meredam benturan pada helm agar kepala penggunanya tetap aman.

Kebiasaan menaruh helm di kaca spion motor juga akan membuat spion gampang kendur. Beban helm yang terlalu berat dapat membuat sambungan rumah kaca spion dengan batangnya melonggar.

Selain itu, pada dasarnya fungsi spion bukan untuk tempat meletakkan helm. Ada kemungkinan helm gampang terjatuh dan rusak karena tersenggol orang lain atau kaca spion tersebut tidak mampu menahan beban helm.

"Sebaiknya helm ditaruh di gantungan yang tersedia di bawah jok motor, atau kalau mau yang lebih aman lagi dimasukan ke dalam jok sekalian. Soalnya sekarang sudah banyak motor yang bagasinya besar dan muat untuk helm. Kalau digantungkan di bawah jok masih bisa disilet oleh oknum pencuri," kata Ahmad.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Taruh Helm di Kaca Spion Motor Ternyata Berdampak Negatif", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/24/081200915/taruh-helm-di-kaca-spion-motor-ternyata-berdampak-negatif.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm