Ilustrasi
Ilustrasi ( KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO)

Pendidikan Jika Mau Jadi Bidan, Mulia dan Miliki Tanggung Jawab Besar!

25 Juni 2022 08:50 WIB

SonoraBangka.id - Seperti diketahui, bahwa berprofesi sebagai bidan tentu memiliki peranan penting serta tanggung jawab besar.

Bidan merupakan salah satu profesi di bidang kesehatan yang sudah diketahui banyak orang.

Maka dari itu, semua orang yang menekuni profesi ini patut untuk diapresiasi, misalnya lewat peringatan Hari Bidan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Mei dan jatuh Kamis kemarin.

Dalam kesehariannya, bidan akan berurusan langsung dengan para pasiennya. Mulai dari memberikan informasi seputar kehamilan sampai membantu persalinan.

Oleh sebab itu, dibutuhkan keterampilan dan pengetahuan khusus untuk menjadi seorang bidan yang tentunya bisa diperoleh dengan cara menempuh pendidikan formal.

Dikutip dari Gramedia.com, berikut ini dua pendidikan yang harus Sahabat NOVA tempuh kalau ingin menjadi seorang bidan:

1. Pendidikan D4/S1 Kebidanan

Menempuh pendidikan D4 atau S1 di jurusan Kebidanan merupakan hal wajib yang harus kamu ambil apabila memang ingin menjadi seorang bidan.

Jurusan Kebidanan menawarkan pendidikan vokasional yang bisa ditempuh dalam waktu tiga tahun atau enam semester untuk D3, dan empat tahun atau delapan semester untuk D4 dan S1.

Tahapan pendidikan ini menjadi penting untuk siapapun yang ingin menjadi bidan, sebab profesi yang satu ini dibutuhkan keterampilan khusus.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm