Ilustrasi baklava khas turki
Ilustrasi baklava khas turki ( PIXABAY/ENGIN AKYURT)

Simpel Dan Gunakan Lembaran Filo Siap Pakai, Berikut Resep Baklava

28 Juni 2022 16:48 WIB

SonoraBangka.id - Baklava merupakan dessert populer khas Turki, mempunyai rasa manis legit berisi kacang. Baklava saat ini mudah didapat di Indonesia sebab banyak kedai makanan khas Turki menjualnya. Kamu bisa membuat sendiri baklava di rumah dengan bahan sederhana dan cara membuatnya mudah memakai lembaran filo siap pakai. Sebelum mulai membuat hidangan penutup untuk keluarga, simak resep baklava simpel dengan lembaran filo siap pakai, dikutip dari Tasteofhome.com.

Resep baklava simpel

Bahan:

100 gram kacang kenari, cincang

1 1/2 sdt kayu manis

1 paket lembaran filo (sekitar 453 gram), suhu ruang

240 gram mentega, cairkan

250 ml madu

Cara membuat baklava

1. Panaskan oven hingga 175 derajat celcius. Siapkan nampan oven, semprotkan cooking spray atau olesi dengan mentega atau minyak. Campurkan kacang kenari dan kayu manis.

2. Buka gulungan lembaran filo. Lapisi dua lembar filo dalam panci yang sudah disiapkan, olesi dengan mentega. Ulangi dengan enam lembar filo lagi, olesi satu lembar lagi dengan mentega. Simpan filo yang tersisa dengan handuk lembab agar tidak kering.

3. Taburkan 75 gram campuran kacang dalam panci, beri dua sendok makan madu di atasnya. Tambahkan dua lembar filo lagi, olesi dengan mentega, taburi setengah campuran kacang dan dua sendok makan madu di atasnya. Ulangi lapisan sampai enam kali. Taburi dengan sisa lembaran filo, olesi satu sama lain dengan mentega.

4. Potong menjadi 24 kotak menggunakan pisau tajam, panggang sampai berwarna coklat keemasan dan renyah selama 25 hingga 30 menit. Dinginkan setekah matang di rak kawat selama satu jam sebelum disajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Baklava Simpel, Pakai Lembaran Filo Siap Pakai", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/06/28/140700075/resep-baklava-simpel-pakai-lembaran-filo-siap-pakai.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm