ARM Immortalis.
ARM Immortalis. ( KOMPAS.com)

ARM Umumkan Immortalis, Hadirkan Ray Tracing ala PC di Smartphone

1 Juli 2022 16:11 WIB

SonoraBangka.ID - Perusahaan perancang arsitektur chip asal Inggris, Advanced RISC Machine (ARM) memperkenalkan rangkaian solusi teknologi mereka untuk tahun ini yang dijuluki dengan "Total Compute Solutions 2022".

Di dalamnya, perusahaan asal Inggris tersebut memperkenalkan sebuah arsitektur komponen pengolah grafis (GPU) terbaru khusus ponsel gaming yang diberi nama "Immortalis".

Arsitektur ARM Immortalis, yang akan hadir pertama kalinya lewat GPU ARM Immortalis-G715, dibekali dengan berbagai pembaruan teknologi untuk meningkatkan kualitas visual dari suatu game. Salah satunya adalah teknologi ray tracing

"Immortalis-G715 adalah GPU ARM pertama di segmen mobile yang dibekali dengan dukungan ray tracing secara hardware," ujar SVP & General Manager Client Line of Business ARM, Paul Williamson, dikutip dari ARM.com, Jumat (1/7/2022).

Seperti diketahui, ray tracing merupakan teknik rendering tiga dimensi (3D) untuk memvisualisasikan refleksi cahaya dan efek sinematis secara real time di dalam game.

Berkat teknologi ini, tampilan game, seperti pantulan cahaya matahari di bodi mobil yang mengilap, atau sinar lampu yang memantul pada lapisan kaca, bisa dibilang akan dibuat lebih memukau dan bakal terasa seperti aslinya.

Biasanya, fitur ray tracing sendiri dimiliki oleh beragam GPU untuk segmen desktop seperti GPU seri Nvidia GeForce RTX atau AMD Radeon RX.

Artinya, gamer kini tak perlu memiliki sebuah PC untuk sekadar merasakan pengalaman yang diberikan oleh efek ray tracing.

Fitur pendukung ARM Immortalis

Selain ray tracing, Immortalis-G715 juga didukung dengan fitur Variable Rate Shading. Dengan fitur ini, GPU bisa menyesuaikan tenaganya untuk memproses grafis supaya bisa berjalan dengan konsumsi daya seminim mungkin.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm