Kejuaraan Karate Terbuka Rasidi Tabri Cup Babel 2022 yang berlangsung di Aula Gedung LPMP Bangka Belitung pada Jumat (1/7/2022) sore.348 peserta karate se Bangka Belitung sedang mengikuti upacara pembukaan Kejuaraan Karate Rasidi Tabri Cup Babel 2022.
Kejuaraan Karate Terbuka Rasidi Tabri Cup Babel 2022 yang berlangsung di Aula Gedung LPMP Bangka Belitung pada Jumat (1/7/2022) sore.348 peserta karate se Bangka Belitung sedang mengikuti upacara pembukaan Kejuaraan Karate Rasidi Tabri Cup Babel 2022. ( )

Sebanyak 348 Peserta se Babel Ikut Kejuaraan Karate Terbuka Rasidi Tabri Cup

2 Juli 2022 06:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) Bangka Belitung (Babel) secara resmi telah membuka gelaran Kejuaraan Karate Terbuka Rasidi Tabri Cup Babel 2022 yang berlangsung di Aula Gedung LPMP Bangka Belitung pada Jumat (1/7/2022) sore.

Turnamen yang mengusung nama Rasidi Tabri Cup itu diambil sebagai bentuk penghormatan kepada  sosok tokoh karate Bangka Belitung Sensei Rasidi Tabri yang berjasa sebagai pendiri karate Institut Karatedo Indonesia (INKAI) sejak tahun 70 an yang eksis hingga saat ini.

Digelar perdana tahun 2022 turnamen karate mempertandingkan 490 kelas yang diikuti 17 kontingen dengan 348 peserta se Bangka Belitung. Setidaknya ada 6 perguruan yang mengikuti kejuaraan yang digelar yakni Inkai, , Inkanas, Gojukai ,Gojuas, dan Wadokai.

Ketua Harian Forki Bangka Belitung Zaidan menyebutkan kejuaraan karate yang digelar 1 hingga 3 Juli 2022 ini sangat berpengaruh terhadap prestasi para atlet di Babel secara khususnya.

"Saya kira cukup signifikan pengaruhnya karena di Bangka Belitung ini ada banyak perguruan tinggi yang mewadahi seni bela diri karate ini, kita harapkan masing masing peguruan punya pesertasehingga kalau tidak diadakan suatu kejuaraan bagaimana bisa mengukur suatu prestasi anak anak ini," katanya pada Bangkapos.com Jumat (1/7/2022) sore.

Oleh karenanya, ajang seperti ini diperlukan sehingga anak-anak punya semangat untuk berprestasi.

Disamping itu menurut Zaidan, turnamen karate digelar sebagai upaya mengambil langkah agar ercipta suatu persaudaraan diantara pegiat karate.

"Kita persiapkan mereka untuk mengikuti kejuaraan nasional agar semakin berprestasi,target kita setiap tahun ada progres yang bisa dibanggakan karena ini membawa nama Bangka Belitung," ujarnya.

Ketika disinggung mengenai hambatan yang dialami, Zaidan mengungkapkan belum ada hambatan khusus semenjak ia memimpin Forki Babel selama ini

"Karena karate tidak membutuhkan banyak fasilitas dimana saja bisa latihan, hanya bermodal masuk perguruan karate dan latihan bisa dilaksanakan tidak harus punya gedung," jelasnya.

Tak hanya itu, akses digital yang mudah diakses membuat anak-anak dapat menambah keterampilan seni bela diri itu melalui youtube.

"Sekarang bisa lewat youtube sehingga anak anak bisa menambah pengetahuan keterampilan serta kecakapan teknik bela diri secara mandiri," ujar Zaidan

Ia berharap Kejuaraan Karate Terbuka Rasidi Tabri Cup dapat sukses agar bisa mengukur tingkat kemampuan bila perguran karate di Babel ini cukup baik.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul 348 Peserta se Bangka Belitung Ramaikan Kejuaraan Karate Terbuka Rasidi Tabri Cup, https://bangka.tribunnews.com/2022/07/01/348-peserta-se-bangka-belitung-ramaikan-kejuaraan-karate-terbuka-rasidi-tabri-cup.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm