Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang Amrah.
Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang Amrah. ( )

BSU 2022 Sebesar Rp 1 Juta Tidak Kunjung Cair, Ini Sebabnya

2 Juli 2022 06:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) berencana mencairkan lagi  Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada para pekerja yang memiliki gaji di bawah 3.5 juta rupiah dengan nominal bantuan  Rp1 juta.

Bantuan itu awalnya direncanakan cair jelang Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah April 2022.

Tetapi ,faktanya hingga saat ini BSU tersebut tak kunjung cair.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang Amrah mengakui, pencairan BSU memang terhambat sebab adanya penyesuaian data terhadap penerima subsidi upah.

"Pencairan BSU ada beberapa hal yang menjadi penyesuaian, pemerintah juga mengeluarkan panduan subsidi hingga diharapkan agar bantuan subsidi harus tepat sasaran,"ujar Amrah kepada Bangkapos.com Jumat (1/7/2022) siang.

Menurutnya, hal ini karena penerima BSU tahap sebelumnya berpeluang mendapatkan program bantuan lain dari pemerintah, sehinga bantuan subsidi upah cenderung tumpang tindih.

"Kita tidak mau nantinya ada bantuan subsidi yang tumpang tindih maka dari itu BSU kali ini ditujukan kepada para pekerja yang telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Dalam hal ini bantuan lain yang juga diserahkan, dari pemerintah bisa jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan juga sudah memperolehnya,"katanya.

Oleh sebab itu, untuk memastikan hal ini pemerintah melalui Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan melakukan verifikasi data peserta penerima upah.

"Penyesuaian itu memerlukan waktu yang panjang ,makanya sampai saat ini BSU belum bisa dicairkan," tambahnya.


Ia menyebutkan selama belum ada kebijakan pembatalan BSU dari pemerintah pusat. Artinya BSU akan tetap dicairkan namun waktunya saja yang belum tepat.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul BSU 2022 Senilai Rp 1 Juta Tak Kunjung Cair, Ini Penyebabnya, https://bangka.tribunnews.com/2022/07/01/bsu-2022-senilai-rp-1-juta-tak-kunjung-cair-ini-penyebabnya.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm