Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo ( )

Sebanyak 285 Ribuan Orang di Babel Sudah Suntik Vaksin Booster, Kasus Covid-19 Melandai

3 Juli 2022 07:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebanyak 285.212 orang di Provinsi Bangka Belitung telah mendapatkan vaksinasi booster (vaksinasi dosis ketiga) atau dengan persentase 25,07 persen dari total keseluruhan target.

Data ini bersumber dari Tim Surveilance dan Epidemiologi KKP Kelas III kota Pangkalpinang sampai tanggal 1 Juli 2022.

Sementara untuk vaksinasi dosis lengkap (dosis pertama dan kedua), cakupan di Provinsi Bangka Belitung sudah mencapai 945.281 orang atau 83,08 persen.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo, menyebutkan, upaya percepatan dan cakupan vaksinasi berimbas pada penurunan kasus di Bangka Belitung.

Data dari Satgas Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, angka terkonfirmasi Covid-19 tercatat 16 orang terpapar, 9 orang telah sembuh, dan satu orang meninggal dunia.

"Vaksinasi kita cukup bagus untuk dosis dua dan tiga mulai naik. Jadi memang terbukti vaksinasi ini mengurangi angka kesakitan dan angka kematian. Kasus masih ada, tetapi relatif kecil," kata  Bangun, Sabtu (2/6/2022).

Meskipun kondisi kasus Covid-19 menurun, dia berharap masyatakat tetap waspada dan percepatan vaksinasi seperti dosis kedua dan booster akan terus dilakukan.

"Percepatan tetap akan kami lalukan, kami dibantu TNI Polri dan BIN juga untuk akselerasi. Untuk booster, kita targetnya 30 persen tercapai hingga Juli 2022 ini, sudah 25 persenan, tinggal 5 persen lagi. Booster ini penting untuk menyempurnakan imun atau kekebalan tubuh kita melawan virus," katanya.

Selain itu, Sekretaris Percepatan Penanganan Satgas Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa, mengingatkan masyarakat tetap harus menjaga kesehatan dan patuh akan protokol kesehatan.

"Memang terjadi penurunan, tetapi masih ada satu orang yang meninggal karena Covid-19. Jadi masih ada. Arahan dari pusat, agar mengingatkan masyarakat untuk jaga kesehatan dan menggunakan masker bila di kerumunan," ujar Mikron.

Satgas Covid-19 tetap melakukan upaya pengendalian, walaupun kasus Covid-19 tercatat menurun.

"Dari sisi kita, tetap melakukan sosialisasi dan edukasi agar jaga kesehatan seperti vaksin dan jaga kebersihan seperti cuci tangan saat keluar ruangan, tetap gunakan masker dan hindari keramaian yang bersifat di dalam ruangan," lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul 285 Ribuan Orang di Bangka Belitung Sudah Suntik Vaksin Booster, Kasus Covid-19 Kian Melandai, https://bangka.tribunnews.com/2022/07/02/285-ribuan-orang-di-bangka-belitung-sudah-suntik-vaksin-booster-kasus-covid-19-kian-melandai.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm