Ilustrasi anak wisuda/pendidikan anak.
Ilustrasi anak wisuda/pendidikan anak. ( Shutterstock.com)

Agar Tepat Sasaran, Ini 3 Hal yang Dilakukan untuk Dana Pendidikan Anak

3 Juli 2022 19:14 WIB

SonoraBangka.id - Mulai sekarang, ayo kita rencanakan dana pendidikan anak di masa yang akan datang.

Salah satu yang bisa dipersiapkan yaitu dengan menabung rutin ke dalam instrumen investasi yang ditarget untuk memiliki imbal bagi hasil di atas inflasi biaya pendidikan.

Namun, sebelum masuk ke instrumen investasi, kamu perlu memperhatikan 3 hal berikut ini agar strategi investasi yang dilakukan bisa tepat sasaran, menurut perencanaan keuangan Finansialku, Harryka Joddy P., S.Psi., CFP®:

1. Tentukan Besaran Kebutuhan

Hitunglah biaya pendidikannya saat ini terlebih dahulu, setelah itu baru disesuaikan dengan inflasi dan berapa lama lagi akan dituju.

Misalnya, selama 5 tahun kedepan akan menyiapkan biaya masuk SD anak pertama sebesar 30 juta rupiah.

Maka, ini bisa dihitung menggunakan kalkulator finansial untuk besaran biaya SD lima tahun kedepan dengan memperhatikan tingkat inflasinya. 

2. Tentukan Jangka Waktu Pemenuhan

Panjangnya horizon waktu pemenuhan ini akan mempengaruhi instrumen investasi yang akan digunakan.

Tentu instrumen investasi dengan resiko cukup tinggi seperti saham lebih cocok digunakan untuk perencanaan jangka Panjang seperti dana kuliah anak.

3. Menyiapkan Proteksi Bagi Orangtua

Salah satu cara melindungi dana pendidikan yang disiapkan oleh orangtua adalah dengan menambah proteksi bagi orangtua.

Proteksi dalam hal ini seperti asuransi jiwa sangat penting karena sepanjang perjalanan menabung jangka panjang, tentu akan ada banyak risiko kehidupan seperti resiko sakit, kecelakaan, hingga meninggal dunia.

Nah, sudah punya strategi untuk dana pendidikan anak?

Artikel ini telah terbit di https://nova.grid.id/read/052768266/3-hal-agar-strategi-investasi-yang-dilakukan-tepat-sasaran-untuk-dana-pendidikan-anak?page=all

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm