Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung (UBB), Devi Valeriani
Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung (UBB), Devi Valeriani ( )

Operasi Pasar Langkah Nyata Dalam Hadapi Lonjakan Harga Bahan Pokok

7 Juli 2022 08:10 WIB

SONORABANGKA.ID - Tingginya harga bahan pokok, menyebabkan masyarakat mulai merasakan beratnya beban yang harus ditanggung untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Apalagi beberapa hari ke depan, umat Muslim bakal merayakan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah. Khususnya bagi masyarakat Bangka Belitung, tradisi saat Iduladha yang hampir menyamai perayaan Hari Raya Idulftri.

Apalagi konsumsi rumah tangga telah dipastikan akan mengalami peningkatan pengeluaran, namun tidak diiringi meningkatnya pendapayan. Oleh sebab itu, rumah tangga harus dapat mengelola keuangan dengan membatasi pengeluaran-pengeluaran tidak prioritas.

"Kenaikan sembako menjadi salah satu pemicu meningkatnya pengeluaran rumah tangga. Untuk itu, langkah Pemerintah Derah Kabupaten Bangka Selatan melakukan kebijakan jangka pendek nyata, yaitu menggelar operasi pasar murah, menyikapi terjadinya kenaikan harga sembako," kata Devi Valeriani, Dosen Ekonomi Universitas Bangka Belitung (UBB).

Menurut Devi, pemerintah pusat pun harus mendorong pemerintah daerah untuk melakukan operasi pasar, sebagai langkah nyata dalam menyikapi kenaikan harga beberapa komoditas bahan pangan.

"Kegiatan operasi pasar merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam menjaga kesetabilitasan harga pangan. Tentunya, operasi pasar yang dilakukan bersinergi dengan dinas-dinas terkait, seperti Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Koperasi dan UMKM serta Bulog,"tambahnya.

"Agar operasi pasar menjadi tanggung jawab bersama dan bentuk perhatian pemerintah daerah, terhadap permasalahan masyarakat terutama berkaitan dengan tingkat kesejahteraan masyarakat," kata Devi

Dengan adanya operasi pasar, harus ada pemantauan agar berlangsung efektif. Artinya, yang berbelanja pada operasi pasar tersebut  benar-benar rumah tangga, bukan oknum yang membeli barang-barang yang kemudian dijual kembali.

"Perlu adanya pembatasan dalam operasi pasar tersebut. Karena yang perlu diperhatikan adalah bagaimana keberlanjutan operasi pasar. Mengingat fluktuasi harga sembako tidak dapat diprediksi," ujar Devi

Beberapa kajian menemukan, bila operasi pasar digunakan untuk menggantikan harga di pasaran, akan berlaku efektif jika dilakukan dalam jumlah yang cukup besar dan dalam jangka waktu mencukupi.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Operasi Pasar Langkah Nyata Hadapi Lonjakan Harga Bapok, Akademisi Sebut Ini yang Harus Diperhatikan, https://bangka.tribunnews.com/2022/07/06/operasi-pasar-langkah-nyata-hadapi-lonjakan-harga-bapok-akademisi-sebut-ini-yang-harus-diperhatikan.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm