Dokter Hewan Pastikan Empat Ekor Sapi Kurban Pemprov Babel Bebas PMK
Dokter Hewan Pastikan Empat Ekor Sapi Kurban Pemprov Babel Bebas PMK ( )

Dokter Hewan Memastikan 4 Ekor Sapi Kurban Pemprov Babel, Bebas dari PMK

10 Juli 2022 16:27 WIB

SONORABANGKA.ID -Ditempat pemotongan hewan kurban di Lingkungan Pemerintah provinsi Bangka Belitung (Babel), tepatnya rumah dinas Gubernur Babel terlihat ada empat ekor sapi.

Hewan kurban ini  dibagikan kepada ratusan mustahik atau orang-orang yang berhak menerima daging kurban yang berada di lingkungan.

Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaludin memastikan jika semua hewan kurban dari pemprov ini bebas dari penyakit mulut dan kaki (PMK).

"Sudah diperiksa dan bebas dari PMK, nanti tidak menimbulkan apa-apa. Bagi masyarakat yang ada kekhawatiran, dari ahli-ahli kedokteran, kalaupun sapi itu terkena PMK, tidak menularkan ke manusia, asal dimasak  dengan benar. Alhamdulilah sapi-sapi yang kita kurban tidak mengalami PMK," ujarnya, Minggu (10/7/2022).

Dokter Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), Provinsi Bangka Belitung (Babel), drh Yuhendra memastikan kondisi empat ekor sapi yang dikurbankan ini sehat dan bebas dari PMK.

Bahkan untuk memastikan ini, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), Provinsi Bangka Belitung (Babel) sudah dua kali melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini.

"Berkaitan dengan hasil pemeriksaan, semalam juga sebenarnya sudah melakukan antemortem, Alhamdulilah sehat semua. Kemarin sempat ada yang ditukar karena ada pincang, ada indikasi ke arah sana, sudah ditukar. Dan empat ini InsyaAllah aman untuk dipotong," tambahnya.

drh Yuhendra memastikan kesehatan sapi ini hingga detik-detik pemotongan masih tetap sehat, walaupun ada salah satu yang mengeluarkan air liur.

"Dari gejala klinis, tidak ada menunjukan PMK. Salah satu tadi banyak air liur itu karena stres, tadi susah juga ditangani, posisi karena takut," ucapnya.

Sebelumnya, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Provinsi Bangka Belitung Drh Judnaidy menyebutkan pihaknya sudah memberikan imbauan saat pembagian hewan kurban pada kondisi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) saat ini.

Beberapa waktul lalu, DPKP Babel telah
menggelar sosialisasi terkait teknis dari pemotongan hewan kepada panita kurban.

Point penting yang menjadi saran DPKP adalah saat pembagian beberapa organ tubuh hewan kurban untuk dilakukan perebusan terlebih dulu selama 30 menit sebelum dibagikan kepada penerima yang berhak.

"Pada kondisi PMK ini, daging harus segera dipisahkan dari tulangnya. Kepala, jeroan, tulang dan kaki itu dilakukan perebusan di air mendidih selama 30 menit, baru bisa dibagikan. Itu imbauan kita ya," imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Dokter Hewan Pastikan Empat Ekor Sapi Kurban Pemprov Babel Bebas PMK, https://bangka.tribunnews.com/2022/07/10/dokter-hewan-pastikan-empat-ekor-sapi-kurban-pemprov-babel-bebas-pmk.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm