Ilustrasi stand up comedy(KOMPAS.com/FABIAN JANUARIUS KUWADO)
Ilustrasi stand up comedy(KOMPAS.com/FABIAN JANUARIUS KUWADO) ( )

Sudah 11 Tahun Standupindo, Awal Kejayaan Komika Indonesia di Dunia Hiburan Tanah Air

14 Juli 2022 09:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Duck Down Bar menjadi tempat perayaan komunitas Standupindo yang kini telah genap 11 tahun. Dari unggahan repost Instagram story-nya, tidak sedikit para anggota berdatangan dan merayakan hari jadi komunitas tersebut dengan berbahagia.

Bukan waktu yang singkat untuk mereka memperkenalkan lebih luas apa itu Stand Up Comedy ke masyarakat Indonesia. Tentunya, membutuhkan perjuangan dan keringat.

Tak dapat ditampik bahwa sekarang mereka bukan hanya tampil melucu seorang diri, tetapi sudah bertebaran ke segala sektor dunia hiburan Tanah Air. Mulai dari pembawa acara, aktor/aktris, kreator konten, sutradara, produser, penulis skenario, penulis buku/novel, hingga konsultan komedi.

Kemampuan menyusun alur kisah hingga menyulut urat tawa penonton memuluskan mereka dalam menapaki sejumlah posisi itu.

Presiden Standupindo Abdul Aziz Batubara alias Adjis Doaibu mengungkapkan perkembangan dunia lawak tunggal di Tanah Air saat ini sangat pesat.

Komika boleh dibilang mulai merajai sejumlah tempat di industri hiburan. Adjis menyebutkan, pencapaian tersebut sudah ada di dalam bayangannya saat pertama kali berkarier sebagai komika pada 2011.

Sudah diprediksi dari dulu, memang akan kejadian seperti sekarang,” ujar Adjis dalam wawancara bersama tim JEO Kompas.com baru-baru ini.

Keyakinan Adjis dahulu didasarkan pada satu hal, yaitu komedi, apa pun bentuknya, adalah jenis hiburan yang paling mudah dinikmati. Meski demikian, Adjis menyebutkan apa yang dicapai dunia stand up comedy Indonesia saat ini belum seberapa karena wilayah Tanah Air yang sangat luas.

Jaringan teknologi komunikasi juga belum merata. Apa yang populer di kota-kota besar belum tentu terjamah daerah lain.

Adjis memprediksi, dibutuhkan waktu setidaknya 10 tahun lagi sampai jenis komedi ini mencapai masa kejayaan sebagaimana yang telah dicapai pelawak-pelawak angkatan terdahulu.

“Mungkin sekarang baru 40 persen lah. Kalau kita ke daerah, belum tentu mereka tahu stand up comedy itu apa. Tapi kalau ngomongin Wendi Cagur, mereka pasti tahu. Mungkin butuh satu dekade lagi agar stand up comedy bisa dikenal se-Indonesia,” kata Adjis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "11 Tahun Standupindo, Awal Kejayaan Komika Indonesia di Dunia Hiburan Tanah Air", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/07/14/081231966/11-tahun-standupindo-awal-kejayaan-komika-indonesia-di-dunia-hiburan-tanah?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm