Ilustrasi indikator bensin(youtube.com)
Ilustrasi indikator bensin(youtube.com) ( kompas.com)

Catat, Ini Ruginya Kebiasaan Sering Isi BBM Tidak Sampai Penuh

14 Juli 2022 21:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Untuk pengguna mobil, kebiasaan membiarkan tangki bahan bakar kosong atau jarang mengisi penuh, ternyata bisa membuat kerugian. 

Tak cuma sekadar mogok saat perjalanan, imbas sering tak mengisi bahan bakar penuh juga bisa menimbulkan korosi pada bagian dalam tangki.

Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Teguh Dwi Harianto mengatakan, membiarkan tangki bahan bakar sering kosong berpotensi menimbulkan karat.

"Karat pada tangki bahan bakar bisa terjadi kapan saja akibat perbedaan kondensasi dan suhu siang dan malam. Serta infiltrasi air hujan selama penyimpanan kendaraan di luar ruang," ujar Teguh kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu. 

Teguh melanjutkan, karat pada tangki bahan bakar juga bisa terjadi karena kendaraan terlalu lama didiamkan tidak dikendarai.

"Bila kadar air sudah sangat tinggi, maka mobil bisa saja bermasalah karena mengisap air ke proses pembakaran," katanya. 

Selain itu, tangki bahan bakar yang dibiarkan kosong juga membuat regulator fuel pump lebih cepat panas. Hal tersebut karena pompa dalam posisi yang tak terendam.

Oleh karena itu, bila ditemui ada air di saluran bahan bakar risikonya pembakaran mesin tidak akan sempurna. Kelihatan dari mesin mbrebet atau bahkan suara mesin yang pincang.

"Mesin bisa mogok karena air sudah banyak terisap ke ruang bakar," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Catat, Ini Ruginya Sering Isi BBM Tidak Sampai Penuh", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/14/113100115/catat-ini-ruginya-sering-isi-bbm-tidak-sampai-penuh.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm