Suzuki Spanish rider Joan Mir goes for the third free practice session ahead of the San Marino MotoGP Grand Prix at the Misano World Circuit Marco-Simoncelli on September 18, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)(ANDREAS SOLARO)
Suzuki Spanish rider Joan Mir goes for the third free practice session ahead of the San Marino MotoGP Grand Prix at the Misano World Circuit Marco-Simoncelli on September 18, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)(ANDREAS SOLARO) ( kompas.com)

Ketok Palu, Dorna Sports Izinkan Suzuki Untuk Mundur dari MotoGP

14 Juli 2022 22:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Suzuki memutuskan kontrak lebih awal dengan Dorna Sports untuk menyudahi partisipasinya di MotoGP pada akhir musim ini. Belum lama ini, dikabarkan bahwa pihak promotor akhirnya menyetujui keputusan tersebut.

Kabar tersebut pertama beredar pertama kali pada sesi tes di Jerez, 2 Mei 2022. Suzuki awalnya cuma memberi tahu tim balapnya saja. Lalu, kabar pun tersebar hingga ke media.

"Terkait rumor belakangan ini tentang kepergian Suzuki pada akhir 2022, Dorna Sports secara resmi sudah menghubungi pabrikan untuk mengingatkan mereka bahwa ketentuan pada kontrak mereka tidak mengizinkan mereka untuk membuat keputusan sepihak," ujar pernyataan Dorna, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (14/7/2022).

Hingga pada 12 Mei 2022, Suzuki akhirnya membuat pernyataan resmi bahwa pihaknya akan mundur dari MotoGP pada akhir musim ini.

Selain MotoGP, Suzuki juga akan mundur dari ajang balap ketahanan tingkat dunia, yakni Endurance World Championship (EWC). Padahal, Suzuki adalah pabrikan paling sukses di kejuaraan tersebut.

Suzuki sudah menjadi juara EWC hingga 20 kali. Bahkan, untuk musim ini, setelah dua dari empat seri berjalan, tim Yoshimura SERT Motul sudah memimpin klasemen.

Presiden Suzuki Motor Corporation Toshihiro Suzuki, mengatakan, pihaknya sudah memutuskan untuk mengakhiri partisipasi di Kejuaraan Dunia MotoGP dan EWC untuk mengalokasikan sumber daya pada inisiatif keberlanjutan lainnya.

"Balap motor selalu menjadi tempat yang menantang untuk inovasi teknologi, termasuk keberlanjutan dan pengembangan orang," kata Suzuki.

Suzuki mengatakan, dengan keputusan tersebut berarti Suzuki menerima tantangan untuk membangun operasi bisnis motor yang baru dengan mengarahkan kembali kemampuan teknologi yang sudah dibangun selama aktivitas balap motor.

"Saya ingin mengucapkan rasa terima kasih yang luar biasa kepada seluruh penggemar, pebalap, dan stakeholder yang telah menemani kami dan mendukung kami sepanjang pengembangan sejak kembali ke kelas MotoGP," ujarnya.

"Saya akan melakukan semuanya untuk mendukung Alex Rins, Joan Mir, Team Suzuki Ecstar, dan Yoshimura SERT Motul dalam tugas mereka hingga akhir musim," kata Suzuki.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketok Palu, Dorna Sports Izinkan Suzuki Mundur dari MotoGP", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/14/142100715/ketok-palu-dorna-sports-izinkan-suzuki-mundur-dari-motogp.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm