Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an dan Hadist tingkat Kabupaten Bangka, di Masjid Al-Ittihad Sungailiat, Senin (18/07/2022).
Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an dan Hadist tingkat Kabupaten Bangka, di Masjid Al-Ittihad Sungailiat, Senin (18/07/2022). ( Diskominfotik Bangka)

Dibuka Langsung oleh Bupati, Event Akbar Tahunan MTQH Kabupaten Bangka Resmi Dimulai

20 Juli 2022 09:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Musabaqoh Tilawatil Qur'an dan Hadist tingkat Kabupaten Bangka telah dimulai sejak Senin (18/7/2022).

Event akbar keagamaan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Bangka dengan menabuh bedug didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangka, di Masjid Al-Ittihad Sungailiat, pada Senin (18/07/2022).

Semarak acara tercermin dari banyaknya partisipan kafilah sebanyak 331 yang dibawa masing-masing pendamping dari 8 Kecamatan yang ada serta tokoh agama dan para tamu undangan lainnya.

Kegiatan yang bertujuan menghidupkan syiar Islam ini akan mempertandingkan para kafilah di 9 cabang lomba dan akan berakhir pada 22 Juli mendatang.

Bupati Bangka, Mulkan dalam kata sambutannya menuturkan bahwa, kegiatan tersebut selain sebagai wadah mempererat silaturahmi juga sebagai momentum Pemerintah Daerah (Pemda) dalam membangun generasi cendekiawan religi yang berlandaskan Al-Qur'an dan Hadist.

"Tujuan pelaksanaan MTQH ini yang telah dilaksanakan secara rutin, yang sebelumnya telah dilakukan di seluruh Kecamatan adalah untuk mengentaskan buta aksara Al-Qur'an, selain itu untuk meningkatkan silaturahim antar sesama. Kegiatan ini juga sebagai momentum membangkitkan semangat dalam memupuk keimanan dalam mewujudkan generasi muda yang religius," imbuh Mulkan.

Lebih lanjut, dirinya menuturkan bahwa bukan hanya orangtua, namun sudah menjadi kewajiban semua pihak terkait dalam memberi perhatian serta membangun wadah untuk membangun sarana dalam menyalurkan bakat serta minat anak muda di bidang keagamaan.

"Generasi muda harus mendapat perhatian dari keluarga dan orang terdekat dalam menghadapi teknologi yang luar biasa sekarang ini," tuturnya.

Untuk itu Mulkan menghimbau agapata kafilah menjaga kesehatan fisik dan mental saat berkompetisi hingga babak akhir nanti.

Tak hanya itu, ia menambahkan agar kafilah masing-masing Kecamatan mempersembahkan kemampuan terbaik mereka secara maksimal.

"Kami berharap kepada para kafilah dapat mengikuti kegiatan ini sebaik-baiknya, tampilkan kemampuan secara maksimal," harapnya.

Tak lupa dirinya memberikan apresiasi kepada para panitia terlibat serta seluruh pihak yang telah menyukseskan terselenggaranya event akbar tahunan tersebut.

"Kamu atas nama Pemkab Bangka dan Kepada Daerah negucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan apapun terutama kegiatan keagamaan seperti ini. Terima kasih juga kepada ketua panitia MTQH yang telah dimulai sejak hari ini," pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm