Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK)

Hari Catur Internasional! Inilah 3 Tips Bermain Catur untuk Pemula

20 Juli 2022 19:40 WIB

SonoraBangka.idCatur adalah salah satu olahraga asah otak dengan menerapkan strategi tertentu yang dimainkan oleh dua orang.

Kedua pemain hanya perlu duduk dan mengatur strategi untuk menjalankan bidak yang berada di papan catur.

Bidak di papan catur terdiri dari raja, ratu, menteri, kuda, benteng, dan pion atau prajurit yang memiliki peran masing-masing.

Bertepatan dengan Hari Catur Internasional, berikut tips bermain catur untuk pemula seperti dikutip dari Chess. Yuk, simak!

1. Mengatur Papan Catur

Permainan catur diawali dengan membentangkan papan sehingga ada petak berwarna putih pada sisi kanan bawah tiap pemain.

Bidak catur diatur dengan cara yang selalu sama, yaitu baris terdepan diisi pion dan baris belakang diisi para perwira hingga raja.

Pada baris belakang atau pertama, kedua benteng diletakkan di sudut, lalu kedua kuda di sampingnya, diikuti kedua menteri (menteri putih pada petak putih, menteri hitam pada petak hitam), dan terakhir ada ratu dan raja pada petak yang tersisa.

Posisi raja selalu berada di warna petak yang berlawanan, misalnya raja putih maka diletakkan di petak hitam, begitu sebaliknya.

2. Mengetahui Cara Bidak Catur Bergerak

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm