Ilustrasi kucing ke dokter hewan, Ilustrasi kucing mendapatkan suntikan vaksinasi.
Ilustrasi kucing ke dokter hewan, Ilustrasi kucing mendapatkan suntikan vaksinasi. ( Shutterstock/Pixel-Shot)

3 Vaksin yang Dibutuhkan Kucing dan Biayanya, Cat Lover Wajib Tahu!

1 Agustus 2022 17:47 WIB

SonoraBangka.id - Ternyata tak cukup hanya diberi makan dan kasih sayang, kucing kesayangan di rumah juga wajib, lho, untuk diberikan vaksin yang lengkap.

Pasalnya, mereka juga bisa terserang infeksi virus dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya hingga kematian.

“Vaksinasi mampu melindungi hewan dari berbagai macam penyakit kritis yang dapat menular dengan mortality rate (angka kematian) tinggi. Vaksinasi juga untuk mencegah kucing dari infeksi berbagai macam jenis penyakit dan untuk meningkatkan sistem kekebalan individu,” kata drh. Yusuf Adi Nugroho, dari Bandung Vet kepada NOVA.

Selain itu, memberi vaksin kepada hewan peliharaan adalah bentuk tanggung jawab dan juga kasih sayang kita kepada mereka.

Namun, sebelum membawa kucingmu untuk melakukan vaksinasi, kenali terlebih dahulu jenis-jenis vaksin yang dibutuhkan, yuk. Kira-kira vaksin apa saja, ya, yang wajib diberikan?

Vaksin F3 atau Tricat

Vaksin F3 berfungsi sebagai antibodi agar kucing terhindar dari serangan penyakit atau virus Feline panleukopenia, Feline rhinotracheitis, dan Feline calicivirus.

“Virus panleukopenia ini menyebar dengan cepat di antara populasi kucing yang belum atau tidak divaksin. Virus ini mudah menular dengan gelaja klinis diare, muntah, dehidrasi hingga kematian,” jelas drh. Yusuf.

Sedangkan rhinotracheitis menyebabkan gangguan saluran pernafasan atas, bersin, mata berair, mata dan hidung berair, hilang nafsu makan serta pada kasus berat dapat mengakibatkan kematian.

Di sisi lain, calicivirus merupakan virus yang paling sering menyerang kucing. Virus ini dapat masuk ke dalam tubuh kucing melalui mata, hidung (saluran pernafasan), dan mulut (saluran pencernaan).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm