Ilustrasi sambal terasi tomat
Ilustrasi sambal terasi tomat ( Shutterstock/yogi hadijaya)

Hanya Dengan 1 Langkah Masak,Berikut Cara Membuat Sambal Belacan Medan

1 Agustus 2022 20:14 WIB

SonoraBangka.id - Sambal belacan adalah sambal terasi khas Medan dan Pulau Belitung, menggunakan terasi khas dari udang rebon segar. Sambal belacan nikmat dimakan bersama lalapan tempe goreng, ayam, dan ikan goreng. Sambal belacan mudah untuk dibuat, kamu membutuhkan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, terasi, garam, gula merah, dan perasan jeruk nipis. Simak resep sambal belacan medan, dikutip dari buku "100 Resep Variasi Sambal" (2013) karya Suryatini N. Ganie terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep sambal belacan medan:

Bahan:

2 sdm minyak untuk menumis

8 buah cabai merah

4 buah cabai rawit

4 buah bawang merah

1 sdt terasi bakar

1/2 sdt garam

1 sdt gula merah

2 sdt perasan jeruk nipis

Cara membuat sambal belacan medan:

1. Panaskan minyak, tumis cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan terasi. Angkat dan haluskan. Bumbui dengan garam, gula merah, dan perasan jeruk nipis, aduk sampai tercampurr rata. Sambal siap dinikmati.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Sambal Belacan Medan Hanya 1 Langkah Masak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/08/01/200500775/resep-sambal-belacan-medan-hanya-1-langkah-masak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm