BTS
BTS ( GRID.ID/Citra)

ARMY Bergembiralah BTS Masih Bisa Tampil di Luar Negeri Saat Wajib Militer

2 Agustus 2022 13:09 WIB

SonoraBangka.Id - Ada kabar baik bagi para ARMY, penggemar kelompok Boy band K-pop asal Korea, yakni BTS

Menteri pertahanan Korea Selatan mengatakan, BTS mungkin masih dapat tampil untuk konser di luar negeri saat menjalani wajib militer. 

 

Saat ini, isu jangka waktu pelaksanaan wajib militer dari dua tahun menjadi 3 minggu memang tengah menjadi perdebatan hangat di Negeri Ginseng itu. 

Melansir Reuters, masalah ini semakin menjadi fokus utama di mana anggota tertua BTS, Jin, akan berusia 30 tahun tahun depan. Di bawah revisi undang-undang 2019, bintang K-pop yang diakui secara global diizinkan untuk menunda layanan mereka hingga berusia 30 tahun.

Wajib militer sangat kontroversial di Korea Selatan di mana semua pria berbadan sehat berusia antara 18 dan 28 harus memenuhi tugas mereka sebagai bagian dari upaya untuk mempertahankan diri dari senjata nuklir Korea Utara.

Selama bertahun-tahun, beberapa pihak dikecualikan dari kebijakan ini, baik diizinkan untuk menunda ikut wajib militer atau melakukan wajib militer dengan jangka waktu yang lebih pendek. 

Beberapa di antaranya adalah pemenang medali Olimpiade dan Asian Games serta musisi dan penari klasik yang memenangkan hadiah utama di kompetisi tertentu.

Parlemen sekarang sedang memperdebatkan RUU yang akan mempersingkat dinas militer untuk bintang K-pop.

Menteri Pertahanan Lee Jong-sup, berbicara di sesi parlemen, mengatakan bahwa dengan membiarkan BTS terus tampil, militer dapat melayani kepentingan nasional tanpa mempengaruhi sumber daya personel yang sudah menyusut karena tingkat kelahiran yang rendah.

Manajemen BTS, Big Hit, tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm