Ilustrasi bendera merah putih
Ilustrasi bendera merah putih ( Shutterstock )

Bermula dari Zaman Kerajaan, Inilah Sejarah Bendera Merah Putih

2 Agustus 2022 13:50 WIB

SonoraBangka.id - Dimulai 1 Agustus menjelang HUT RI ke-77 pada 17 Agustus nanti, pemerintah mengimbau masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih.

Namun banyak yang masih belum tahu sejarah bendera merah putih.

Melansir KompasTV, simak penjelasan ini yuk!

Sebenarnya, penggunaan warna merah dan putih sebenarnya sudah dilakukan sejak zaman kerajaan.

Kerajaan pertama yang memakai bendera berwarna merah dan putih adalah Majapahit yang berpusat di Jawa Timur yang digunakan sebagai lambang kebesarannya pada abad ke-13.

Sejumalah kerajaan lainnya seperti Kerajaan Kediri dan kerajaan Bugis Bone, Sulawesi Selatan juga menggunakan warna merah putih sebagai panji kerajaan. 

Hingga pada perang Jawa (1825-1830 M) Pangeran Diponegoro menggunakan panji-panji berwarna merah putih dalam perjuangannya melawan Belanda.

Bendera Merah Putih dijahit oleh Fatmawati dan pertama kali dikibarkan di Indonesia pada 17 Agustus 1945 saat proklamasi kemerdekaan bangsa.

Nama lain dari bendera Merah Putih adalah Bendera Pusaka, Sang Saka Merah Putih, Sang Dwiwarna

Warna merah pada bendera Indonesia melambangkan keberanian, sementara putih melambangkan kesucian.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm