Ilustrasi mengocok telur.
Ilustrasi mengocok telur. ( SHUTTERSTOCK/Elena Elisseeva)

Berikut Cara Membekukan Sisa Telur Di Freezer Untuk Digunakan Kembali

2 Agustus 2022 20:55 WIB

SonoraBangka.id - Telur akan bertahan cukup lama di lemari es, hingga lima minggu atau bahkan lebih lama, jika masih segar.  Namun, apabila kamu mempunyai persediaan lebih banyak daripada yang digunakan, kamu bisa memasukkannya ke dalam freezer, dapat dimasak untuk bulan depan. Kamu bisa membekukan sisa telur utuh, kuning, dan putih telur, tergantung kebutuhan. Selain itu bisa langsung dikocok menjadi satu atau dipisah, kemudian simpan di dalam lemari pendingin. Jika dibutuhkan tinggal cairkan dan campurkan dalam masakan. Simak cara membekukan sisa telur di freezer dikutip dari laman Thespruceeats.com, untuk digunakan kembali.

Cara membekukan telur di freezer

1. Membekukan telur utuh

Membekukan telur utuh cukup mudah, kamu hanya perlu mempersiapkan mangkuk, pengocok telur, dan tempat cetakan es batu. Pertama buka cangkakng telur, letakkan di dalam mangkuk. Kocok telur dengan lembut sampai menyatu, tetapi perlu berhati-hati agar tidak memasukkan udara ke dalam campuran. Tuang adonan telur dalam cetakan es batu, lalu tempatkan di dalam freezer sampai telur membeku. Setelah itu simpan telur beku ke dalam kantong plastik ziplock masukkan kembali.

2. Membekukan telur yang dipisah

Membekukan kuning telur cukup sulit karena teksturnya cenderung kental. Namun, kamu bisa menambahkan garam dan gula untuk mencegah hal tersebut. Buka cangkak telur dan pisahkan kuning serta putihnya. Kocok kuning telur dengan lembut sampai menjadi cair. Tambahkan setengah sendok teh garam, jika untuk hidangan gurih, sedangkan untuk bahan kue manis, masukkan gula satu setengah sendok teh.  Masukkan ke dalam cetakan es batu, bekukan. Setelah itu pindah ke dalam plastik ziplock. Sementara untuk putih telur lebih mudah, cukup masukkan dalam cetakan es batu lalu pindahkan ke dalam plastik bersegel, dan simpan kembali.

3. Menggunakan telur beku

Telur yang dibekukan dapat bertahan selama kurang lebih satu tahun. Jika kamu membutuhkan telur, tinggal cairkan es telur sehari sebelum digunakan. Kamu bisa membuat telur dadar, telur orak-arik, dan campuran dalam bahan masakan. Satu kotak es kuning telur setara dengan dua kuning telur, sedangkan satu kotak es putih telur adalah satu buah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Bekukan Sisa Telur di Freezer untuk Digunakan Kembali", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/08/02/070800375/2-cara-bekukan-sisa-telur-di-freezer-untuk-digunakan-kembali.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm