Ilustrasi cacar monyet
Ilustrasi cacar monyet ( Shutterstock.com )

Bagaimana Cara Penularan dan Pencegahan Cacar Monyet? Ini Faktanya

5 Agustus 2022 10:30 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini virus cacar monyet sedang ramai dibicarakan oleh sebagian besar masyarakat dunia. 

Bahkan, World Health Network (WHN) telah mendeklarasikan penyakit cacar monyet atau monkeypox sebagai pandemi pada Rabu (22/6/2022).

World Health Organizations (WHO) juga sudah menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global, yang perlu diperhatikan dan diwaspadai semua orang di dunia. 

Hal ini karena, penyebab cacar monyet yaitu genus Orthopoxvirus telah tersebar di lebih dari 70 negara di dunia, yang mana telah memenuhi syarat sebagai keadaan darurat global. 

Untuk mengetahui bahaya dan informasi penting tenang virus cacar monyet, mari simak penjelasan lengkap mengenai penyebab, cara penularan, dan cara pencegahan cacar monyet. 

Penyebab Cacar Monyet

Dilansir dari laman resmi WHO, penyakit cacar monyet disebabkan oleh virus cacar monyet, anggota genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae.

Biasanya terjadi di daerah hutan hujan tropis di Afrika tengah dan barat, yang kadang-kadang juga bisa diekspor ke daerah lainnya. 

Ada dua klad atau klade genetik yang berbeda dari virus cacar monyet ini, yaitu klad Afrika Tengah dan klad Afrika Barat. 

Klad atau klade adalah suatu kelompok taksonomi yang memiliki satu leluhur bersama dan semua keturunannya juga berasal dari moyang tersebut.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm