Dwiki Dharmawan Bakal Gelar Konser Orkestra Rapsodia Nusantara
Dwiki Dharmawan Bakal Gelar Konser Orkestra Rapsodia Nusantara ( KOMPAS.com/Baharudin Al Farisi)

Dwiki Dharmawan Bakal Gelar Konser Orkestra Rapsodia Nusantara, Usung Keberagaman Budaya

5 Agustus 2022 21:13 WIB

SonoraBangka.ID - Memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia dan Jawa Tengah, World Peace Orchestra yang digagas musisi Dwiki Dharmawan sebentar lagi bakal menggelegar konser.

Pagelaran musik yang bertajuk Rapsodia Nusantara itu bakal dihelat di kelenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah pada 13 Agustus 2022 dan tak dipungut biaya.

Dalam jumpa pers, Jumat (5/8/2022), Dwiki Dharmawan mengatakan konser ini didedikasikan untuk keberagaman budaya yang ada di Indonesia.

"Mengangkat keberagaman lagu-lagu nusantara, lagu nasional, lagu popular dan karya musik baru dengan balutan musik orkestra," kata Dwiki dalam di Studio Farabi Music School, Dharmawan, Jakarta Selatan, Jumat.

"Sehingga, audiens dapat menikmati nada dan ritmis yang berbeda-beda, tapi bersatu dalam harmonisasi yang indah," ucap Dwiki melanjutkan.

Dipandu Dwiki Dharmawan sebagai komposer, pagelaran musik yang disajikan dalam format orkestra ini juga akan menampilkan sederet seniman Tanah Air.

Mereka adalah Andy/rif, Dira Sugandi, Gabriel Harvianto, Filda.C.Wibowo, dan Nano Tirto.

Akan tampil juga musisi asli Jawa Tengah, Sruti Respati, NDX AKA, kelompok musik Kolintang Gratia dan Gamelan Soepra yang akan bersanding dengan Dwiki Dharmawan.

Dwiki Dharmawan mengatakan, pagelaran Rapsodia Nusantara bisa terwujud berkat inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Ini awalnya adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang memikirkan soal HUT Kemerdekaan RI dan HUT Jawa Tengah. Beliau berpikir bagaimana menyatukan masyarakat, tetapi tetap mengusung keberagaman budaya. Beliau terpikir sebuah konser," ujar Dwiki.

World Peace Orchestra termasuk Dwiki Dharmawan dan para musisi pendukung pagelaran Rapsodia Nusantara terdiri dari 45 orang.

Ada juga 30 penabuh Gamelan Soepra dan 11 orang pemain Kolintang Gratia yang akan membawakan karya musik baru, lagu-lagu popular, lagu nasional, dan lagu nusantara dalam balutan musik orkestra.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm