Ilustrasi
Ilustrasi ( Freepik.com)

5 Perlengkapan Naik Gunung yang Wajib Dimiliki Para Pendaki Pemula

6 Agustus 2022 19:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Naik gunung saat ini memang menjadi kegiatan yang banyak disukai orang-orang. Tak heran setiap tahunnya banyak pendaki pemula yang ingin mencoba untuk naik gunung dan merasakan berpetualang di alam bebas.

Nah, jika Anda juga termasuk orang yang baru pertama kali naik gunung, ada beberapa perlengkapan yang harus Anda miliki sebelum memutuskan "muncak". Saat ini, banyak merek yang menyediakan berbagai perlengkapan naik gunung dengan kualitas yang bagus, salah satunya adalah Consina.

Perlengkapan naik gunung memang menjadi hal paling krusial ketika mendaki gunung. Sebab, tak seperti kegiatan alam lainnya, Anda memang harus menyiapkan diri dan perlengkapan dengan sebaik mungkin.

Terlebih, trek yang akan dilalui ketika naik gunung tak akan mudah, jadi harus memerlukan perlengkapan khusus yang membantu Anda tetap nyaman selama perjalanan. Lalu, apa saja perlengkapan naik gunung yang wajib dipunyai, terutama bagi para pemula? Berikut rekomendasinya.

1. Sepatu Gunung
Perlengkapan pertama yang wajib Anda punya saat ingin naik gunung adalah sepatu gunung. Hal ini penting karena Anda tidak bisa menggunakan sepatu sembarangan ketika hiking atau naik gunung.

Apalagi, pegunungan biasanya memiliki medan yang cenderung tidak merata dan susah dilalui, dibandingkan jalanan perkotaan, sehingga harus memilih sepatu yang tepat ketika ingin melintasinya. Tak hanya itu, sepatu gunung juga memiliki fungsi dan kelebihan sendiri dibandingkan sepatu lainnya.

Sepatu hiking biasanya memiliki alas yang empuk, waterproof, grid tebal, dan anti slip, sehingga nyaman dan aman digunakan ketika melintasi medan pegunungan yang cenderung terjal. Ada banyak tempat dan marketplace yang bisa Anda kunjungi jika ingin membeli sepatu gunung, salah satunya adalah Blibli.

2. Matras Camping
Kadang kala, orang-orang menghindari naik gunung, karena menganggap aktivitas tersebut terlalu berat dan menyiksa diri. Misalnya seperti kualitas tidur yang menjadi berantakan dan tidak nyaman, karena tidak beralaskan kasur yang empuk layaknya di rumah.

Padahal, tidur di gunung juga bisa menjadi menyenangkan dan nyaman jika Anda memiliki matras camping yang empuk dan berkualitas baik. Untuk itu, cobalah mencari matras camping dengan kualitas baik, agar Anda tetap nyaman meskipun harus tidur di pegunungan dengan alas yang tidak merata.

Ada baiknya Anda mencoba terlebih dahulu matras camping yang ingin dibeli, sehingga Anda bisa merasakan seberapa empuk dan nyamannya. Selain itu, pilihlah matras yang terbuat dari bahan premium atau baru, agar tidak cepat rusak ketika digunakan di alam bebas.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm