Pemilik kendaraan harus memahami ukuran tekanan ban. Salah satunya agar ban lebih awet dan tidak mudah bocor. (Kompas.com )
Pemilik kendaraan harus memahami ukuran tekanan ban. Salah satunya agar ban lebih awet dan tidak mudah bocor. (Kompas.com ) ( KOMPAS.COM)

Daftar Tekanan Udara Ban yang Ideal Untuk Semua Tipe Motor

7 Agustus 2022 18:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Ban sepeda motor tak boleh sembarangan di abaikan. Komponen berbahan karet ini menjadi satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal. Karena itu, perlu dirawat dan dijaga kondisinya agar tetap mampu bekerja dengan baik.

Salah satu cara termudah merawat ban motor yakni selalu menjaga tekanan udara tetap ideal.  Dengan demikian, ban motor tidak akan gampang bocor dan tidak cepat mengalami keausan.

Rofiudin Kepala Bengkel Nusantara Sakti Penggaron mengatakan, produsen telah melengkapi ukuran standar tekanan udara ban untuk semua jenis sepeda motor.

Setiap tipe motor, baik itu motor bebek, motor matik, atau motor sport, sudah mempunyai ukuran tekanan angin yang dianjurkan oleh setiap produsennya.

"Stiker ukuran tekanan udara ban tiap tipe motor posisinya berbeda. Nanti, ketika cek tekanan udara ban sesuaikan dengan angka yang tertera," kata dia kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dia melanjutkan, beda halnya motor matik, tertera di bagasi barang, di bawah jok. Ada juga yang ditempel di dek tengah.

"Untuk motor sport dan motor bebek, biasanya tertera di sticker yang ada di swingarm sebelah kiri," lanjutnya. 

Namun demikian, agar lebih gampang cek lagi tekanan udara ideal yang tertera di motor.

Berikut daftar tekanan angin ban motor yang ideal:

1. Motor Matik

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm