Ilustrasi gudeg nangka untuk menu makan siang.
Ilustrasi gudeg nangka untuk menu makan siang. ( DOK.SHUTTERSTOCK/wisely)

Pakai Bumbu Putih Siap Masak, Berikut Cara Membuat Gudeg Jamur Tiram

8 Agustus 2022 15:12 WIB

SonoraBangka.id - Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan rasa gurih dan manis, terbuat dari buah nangka muda. Gudeg disajikan bersama baceman tahu, tempe atau telur, sambal goreng krecek, dan ayam kampung areh. Gudeg bisa dikreasikan menggunakan bahan utama jamur tiram, diolah bersama bumbu bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, lengkuas, daun salam, dan gula merah atau aren. Jamur tiram dipakai sebagai alternatif jika tidak ada nangka muda di rumah, selain itu untuk ide menu makan siang dengan nasi hangat bersama keluarga. Simak resep gudeg jamur tiram berikut ini, dikutip dari buku "Seri Jadi Koki Sekejap - Masak Sajian dari Bumbu Dasar dalam Waktu 30 Menit" (2013) karya Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep gudeg jamur tiram

Bahan:

500 gram suwiran jamur tiram segar tanpa tangkai

300 ml santan siap pakai

1 sdm angkak

1 batang serai, memarkan

4 cm lengkuas segar Bumbu:

1 bungkus bumbu dasar putih

1 sdm irisan gula merah

1 sdt garam

Cara membuat gudeg jamur tiram:

1. Siapkan panci ukuran sedang, masukkan suwiran jamur tiram segar, santan, bumbu dasar putih, angkak, serai, lengkuas, irisan gula merah, dan garam. Tutup panci.

2. Masak dalam api kecil sambil berkali-kali diaduk sampai santan agak kering dan jamur berwarna merah. Angkat.

3. Hidangkan gudeg jamur tiram sebagai lauk nasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Gudeg Jamur Tiram, Pakai Bumbu Dasar Putih Siap Masak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/08/07/200700875/resep-gudeg-jamur-tiram-pakai-bumbu-dasar-putih-siap-masak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm