Beberapa tipe ban merek Bridgestone.(Kompas.com/Alsadad Rudi)
Beberapa tipe ban merek Bridgestone.(Kompas.com/Alsadad Rudi) ( KOMPAS.COM)

Alasan Jika Ganti Ban Mobil Hanya Sepasang Wajib untuk Roda Belakang

8 Agustus 2022 16:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Ban sama halnya komponen fast moving mobil yang perlu diganti secara berkala. Ada aturan yang harus diperhatikan agar tak menganggu kenyamanan dan keamanan selama berkendara. 

Namun demikian, tak sedikit pemilik mobil yang akibat keterbatasan dana cuma mampu membeli ban sepasang, alias tidak langsung mengganti semuanya.

Bisa juga karena memang ada keausan yang tak rata, sehingga cuma membuat ban depan atau belakang saja yang habis.

Lantas, saat beli ban hanya sepasang baik dipasang untuk depan atau belakang?

Menurut Aan Nugroho Product Development Manager Otobox Supermarket Ban, pemasangan ban baru yang hanya sepasang, baiknya di tempatkan pada roda belakang. Sama saja berlaku untuk penggerak roda depan maupun belakang. 

"Pengaruhnya ke handling pengendalian mobil. Bobot dan traksi mobil FWD dan RWD titik tumpu berbeda. Namun, agar tidak terjadi oversteer ban baru sepasang bisa untuk mengganti ban belakang," kata Aan kepada Kompas.com, Minggu (7/8/2022). 

Bukan tanpa sebab, hal ini didasari fakta bahwa pergerakan ban belakang tak bisa dikontrol oleh setir ketika terjadi selip.

Sementara itu, saat ban baru dipasang pada roda depan justru akan berimbas berkurangnya pengendalian mobil.

"Handling mobil dan kemampuan cengkeram ban berkurang, apalagi kalau tikungan tajam atau kecepatan tinggi," ujarnya. 

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana mengatakan, ban mobil baru satu buah atau sepasang, baiknya diprioritaskan untuk roda belakang.

"Soal handling setir, kalau ban baru satu buah atau dua buah sekaligus dipasang ke roda depan jatuhnya kurang stabil. Kalau beli cuma satu buah malah semakin berbahaya karena bikin tinggi mobil beda antara kanan dan kiri," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Bila Ganti Ban Mobil Hanya Sepasang Wajib untuk Roda Belakang", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/08/103100315/alasan-bila-ganti-ban-mobil-hanya-sepasang-wajib-untuk-roda-belakang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm