Maskapai Citilink.
Maskapai Citilink. ( KOMPAS.com)

Diminta Sediakan Tiket Pesawat dengan Harga Terjangkau, Ini Kata Citilink

8 Agustus 2022 17:53 WIB

SonoraBangka.ID - Maskapai Citilink menyatakan, berkomitmen untuk menyediakan penerbangan dengan harga tiket pesawat sesuai dengan peraturan Pemerintah yakni mengacu pada aturan Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB).

Hal ini disampaikan VP Corporate Secretary & CSR Citilink Diah Suryani Indriastuti dalam menanggapi permintaan pemerintah agar maskapai menyediakan harga tiket yang terjangkau.

"Citilink sedang melakukan evaluasi dan kajian, yang dilakukan secara berkala terhadap seluruh penerbangan, termasuk pada kebijakan penetapan harga tiket pesawat dengan selalu mempertimbangkan berbagai faktor di antaranya biaya avtur, biaya operasional dan lainnya," kata Diah saat dihubungi, Senin (8/8/2022).

Diah mengatakan, untuk tiket dengan harga terjangkau, Citilink memberlakukan sistem sub-class dalam menentukan harga tiket pesawat di seluruh rute agar calon penumpang memiliki acuan sesuai kebutuhan.

"Dengan adanya sub-class ini diharapkan dapat membantu penumpang menentukan preferensi jadwal penerbangan yang sesuai dengan kebutuhan," ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta maskapai untuk menyediakan tiket pesawat dengan harga terjangkau, meskipun saat ini terdapat aturan yang memungkinkan maskapai menerapkan tarif angkutan udara lebih tinggi, imbas dari lonjakan harga bahan bakar jenis avtur.

Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono mengatakan, saat ini daya beli masyarakat belum sepenuhnya pulih dari dampak pandemi Covid-19.

Oleh karenanya, maskapai yang melayani rute penerbangan berjadwal dalam negeri diimbau untuk dapat menerapkan harga tiket pesawat yang lebih terjangkau oleh pengguna jasa penerbangan.

Menurutnya, dengan memberlakukan tarif penumpang yang terjangkau, tentunya akan menjaga konektifitas antar wilayah di Indonesia dan kontinuitas pelayanan jasa transportasi udara.

"Seperti kita ketahui, bahwa kemampuan daya beli masyarakat belum pulih akibat pandemi Covid-19 namun kebutuhan masyarakat akan transportasi udara tetap harus diperhatikan," ujar dia, dalam keterangannya, Minggu (7/8/2022).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm