Ilustrasi mengelola keuangan
Ilustrasi mengelola keuangan ( Dok. HaloMoney.co.id )

Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menghambatmu Raih Kebebasan Finansial

12 Agustus 2022 08:39 WIB

SonoraBangka.id - Setiap orang tentunya punya keinginan yang sama jika berbicara tentang uang, seperti kebebasan finansial.

Ya, jika ingin mewujudkan tujuan mencapai kebebasan finansial, penting bagi kamu untuk menerapkan tips hemat sekaligus menghindari kebiasaan buruk dalam keuangan.

Menghentikan kebiasaan buruk ini tak kalah pentingnya untuk dilakukan karena dengan begitu tujuan keuangan untuk bisa bebas finansial dapat terwujud.

Pasalnya, banyak orang bermimpi untuk bisa bebas finansial, tetapi masih memiliki berbagai kebiasaan buruk dalam mengelola keuangannya.

Melansir Kompas.com, berikut ini lima kebiasaan buruk yang bisa menghambat Kawan Puan meraih kebebasan finansial dan penting untuk dihentikan dalam menerapkan tips hemat.

1. Tidak Pernah Menyusun Rencana Keuangan

Membelanjakan uang tanpa perencanaan yang matang setelah kamu menerima penghasilan merupakan kesalahan pertama yang membuat uang menjadi cepat habis.

Kebiasaan mendahulukan kesenangan, seperti jajan, hangout, dan belanja pakaian, sedangkan menabung ala kadarnya merupakan ciri pengelolaan finansial yang buruk.

Kalau kamu ingin bisa mencapai kemerdekaan finansial, sebaiknya terapkan tips cermat dengan mulai membiasakan diri menyusun rencana anggaran dan belanja pribadi.

Dengan demikian, kamu memiliki kesadaran terhadap kondisi keuangan dan dapat menyusun strategi pengelolaan terbaik.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm