Ilustrasi dapur kecil(Shutterstock/IJMphotos)
Ilustrasi dapur kecil(Shutterstock/IJMphotos) ( KOMPAS.COM)

Posisi Kompor dan Wastafel Berdasarkan Feng Shui untuk Datangkan Rezeki

13 Agustus 2022 19:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Dapur menjadi salah satu tempat pengundang rezeki dalam ilmu feng shui. Sebab, mereka adalah tempat bagi penghuni rumah untuk memasak beragam hidangan.

Salah satu rezeki yang bisa dinikmati dari kehadiran dapur adalah tubuh yang sehat, terutama kalau hidangan selalu dibuat dengan bahan-bahan segar dan penuh nutrisi, serta dapur selalu dalam keadaan bersih.

Konsultan sekaligus penulis buku feng shui di Indonesia, Mas Dian, mengungkapkan bahwa dapur adalah tempat yang disakralkan dalam budaya Tiongkok kuno karena kehadiran Dewa Dapur yang mengawasi ruangan ini.

Dikutip dari buku Feng Shui dan Interior Rumah Tinggal (2014), karya Mas Dian dan Ivon Xue yang diterbitkan Elex Media Komputindo, dewa bernama Zao Jun Ye ini dihormati oleh para penghuni rumah.

“Agar sang dewa tidak murka dan mau menurunkan berkah rezekinya, penghuni harus rajin menjaga kebersihan ruang tersebut,” ujar Mas Dian, seperti dilansir bukunya, Sabtu (13/8/2022).

Dapur dalam ilmu feng shui

Dalam ilmu feng shui, dapur adalah tempat yang akan mendatangkan keberuntungan, yang mana ini juga berkaitan dengan kualitas kesehatan anggota keluarga.

Ketika menerapkan feng shui dapur, kamu tidak hanya harus memerhatikan kebersihan dan kondisi ruangan, tetapi juga posisi peralatan dapur.

Ada dua peralatan dapur yang sering digunakan, yakni kompor dan wastafel. Keduanya harus diposisikan dalam titik yang tepat guna memastikan dapur memiliki aliran energi yang baik.

Lalu, di mana tempat kompor di dapur yang sesuai dengan feng shui? Untuk wastafel sendiri, apakah mereka harus diletakkan di dekat kompor?

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm