Menteri BUMN Erick Thohir dan Menkop UKM Teten Masduki menghadiri Indonesia Retail Summit di Sarinah, Jakarta, Senin (15/8/2022).
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menkop UKM Teten Masduki menghadiri Indonesia Retail Summit di Sarinah, Jakarta, Senin (15/8/2022). ( Dokumentasi Humas Hippindo)

Indonesia Ritel Summit Diharap Bangkitkan Usaha yang Stagnan Selama 22 Tahun

15 Agustus 2022 17:17 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) yang telah menyelenggarakan Indonesia Ritel Summit 2022.

Dia menilai, dengan adanya perhelatan tersebut mampu membangkitkan usaha ritel yang stagnan selama 22 tahun. Ditambah lagi, terpuruknya usaha ritel selama pandemi Covid-19.

"Saya kira kegiatan ini sangat penting untuk memulihkan ritel kita yang selama 22 tahun mengalami stagnasi," ujar Teten di Jakarta, Senin (15/8/2022).

Teten bilang, untuk membangkitkan bisnis ritel dibutuhkan juga promosi berupa diskon atau potongan harga sehingga mampu meningkatkan konsumsi rumah tangga.

"Kita tahu di kuartal II ini pertumbuhan ekonomi kita membaik 5,44 persen dan 53 persen itu ditunjang oleh konsumsi rumah tangga jadi ini penting. Saya kira sebagaimana arahan Pak Presiden dalam paripurna kemarin bahwa kita mesti kerja sama untuk menggerakan konsumsi rumah tangga ini dengan diskon nasional," katanya.

Teten pun mengajak kepada masyarakat untuk berbelanja produk dalam negeri. "Saya kira ini menjadi penting sekali dan tentu kita juga harus dorong belanja produk buatan dalam negeri. Kita harus dorong belanja brand-brand lokal dan saya kira dari pengalaman Sarinah pengelolaan mal swasta juga harus berani menampilkan brand-brand lokal," imbaunya.

Di Sarinah, kata dia, dengan menampilkan produk-produk lokal bisa menarik trafik pengunjung yang begitu banyak. "Saya kira gerakan ini sudah lama, tapi kurang berhasil. Sekarang saya kira momentum kita, karena sekarang memang produk-produk dalam negeri kita sudah sangat berkualitas. Nah ini yang saya kita momen yang sangat baik," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah menjelaskan, Indonesia Ritel Summit ini disinergikan melalui joint venture maupun investasi. Hal ini menurutnya untuk membuka peluang kerja sama dan meningkatkan lapangan pekerjaan, hingga pendapatan negara melalui pajak yang tumbuh secara optimal.

"Terima kasih kami ucapkan kepada para Menteri beserta jajarannya atas dukungan, sinergi, dan kerja sama yang luar biasa, hingga akhirnya kami sektor retail offline bisa bersama-sama membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional melalui program seperti Indonesia Retail Summit, Hari Belanja Diskon Indonesia, Hari Modern Retail Indonesia, untuk mengembangkan kembali industri retail Tanah Air agar kembali jaya dan optimal seperti sedia kala," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Ritel Summit Diharap Bangkitkan Usaha yang Stagnan Selama 22 Tahun", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/08/15/165906126/indonesia-ritel-summit-diharap-bangkitkan-usaha-yang-stagnan-selama-22-tahun.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm