Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022).
Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022). ( Dokumentasi Biro Pers Sekretariat Presiden)

Makna Baju Adat Dolomani yang Dipakai Jokowi di Hari Kemerdekaan

17 Agustus 2022 15:07 WIB

SonoraBangka.id - Hari ini upacara peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Jakarta digelar meriah perdana pasca pandemi Covid-19.

Presiden Joko Widodo hadir mengenakan baju adat dari Buton, Sulawesi Tenggara, saat mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini.

Busana yang dipakainya terdiri dari baju, celana panjang, sarung, dan kopiah yang didominasi warna merah.

Jokowi juga menggunakan penutup kepala yang senada dengan hiasan senjata tradisional diselipkan di bagian pinggang.

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju dolomani dari Buton," ujar Jokowi kepada wartawan.

Pakaian tersebut merupakan baju adat dari Buton, salah satu pulau yang berlokasi di Sulawesi Tenggara.

Dikutip dari Tribun Sultra, dolomani adalah salah satu baju adat kebesaran Kesultanan Buton yang kerap digunakan Sultan ke-35 Muhammad Ali pada masa tahun 1918-1921.

Busana ini biasanya dipakai saat menghadiri acara-acara kesultanan ataupun momen resmi lainnya.

Keistimewaan baju adat dari Buton ini ditandai dengan desainnya yang dihiasi dengan sulaman benang emas atau perak.

*Makna baju adat dolomani yang dipakai Jokowi di HUT ke-77 RI

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm