Menteri BUMN Erick Thohir di kawasan Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022). Erick Thohir janji BUMN bantu turunkan harga tiket pesawat.
Menteri BUMN Erick Thohir di kawasan Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022). Erick Thohir janji BUMN bantu turunkan harga tiket pesawat. ( KOMPAS.com)

Erick Thohir Janji BUMN Bantu Turunkan Harga Tiket Pesawat

20 Agustus 2022 17:37 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMNErick Thohir menyampaikan, BUMN akan berupaya menurunkan harga tiket pesawat sehingga terjangkau oleh masyarakat.

Hal ini menjadi penting karena harga tiket pesawat merupakan salah satu komponen dalam pengendalian inflasi di Indonesia.

"Kemarin saat Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022 di Istana Negara, Bapak Presiden secara tegas meminta agar harga tiket pesawat dapat distabilkan karena ini penting dampaknya bagi pengendalian inflasi kita," ujar Erick dalam siaran pers, Jumat (19/8/2022).

Erick mengaku, pihaknya segera bergerak cepat untuk menyiapkan formula dalam menstabilkan harga tiket pesawat. Ia juga mengatakan secara intens berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terkait upaya pemerintah menstabilkan harga tiket pesawat.

Menurut Erick, BUMN tak hanya bertugas sebagai motor penggerak perekonomian bangsa, tetapi juga harus hadir menjadi penyeimbang saat harga pasar tengah mengalami gejolak.

“Ini dibuktikan BUMN saat melakukan intervensi harga masker hingga operasi pasar untuk kebutuhan pangan. Kali ini, kita (BUMN) pun harus hadir menjadi penyeimbang pasar dalam menjaga inflasi dan juga membantu masyarakat mendapatkan harga tiket pesawat yang terjangkau," lanjut mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Erick mengaku telah meminta PT Garuda Indonesia (Persero) melakukan sejumlah langkah, seperti penambahan frekuensi penerbangan guna memenuhi peningkatan permintaan pengguna jasa pesawat.

Menurut Erick, penambahan frekuensi penerbangan dapat berdampak pada penurunan harga tiket pesawat. Erick juga menyebut melambungnya harga tiket pesawat menjadi momentum bagi Garuda untuk kembali meraih kepercayaan masyarakat.

Selain itu, Erick menilai intervensi terhadap harga tiket pesawat menjadi bukti bahwa transformasi dan restrukturisasi Garuda sudah berada di jalur yang tepat.

"Ini saatnya bagi Garuda untuk hadir dan menjawab kepercayaan dan dukungan masyarakat yang kini tengah membutuhkan harga tiket pesawat yang terjangkau," ungkapnya.

Di sisi lain, Erick mendukung penuh langkah Kemenhub dalam mengendalikan harga tiket pesawat. Dia menilai upaya Kemenhub melibatkan para pemangku kepentingan seperti pemerintah daerah dalam membantu memastikan tingkat keterisian penumpang, memberikan subsidi, dan insentif lainnya sudah tepat.

Pasalnya, persoalan harga tiket pesawat memerlukan sinergitas banyak pihak, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, hingga swasta.

"Dengan kolaborasi menyeluruh, kami optimistis dapat segera menstabilkan harga tiket pesawat. Hal ini tentu akan berdampak besar bagi aktivitas dan juga perekonomian masyarakat kita yang sangat membutuhkan moda transportasi udara tersebut," kata Erick.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Thohir Janji BUMN Bantu Turunkan Harga Tiket Pesawat ", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/08/19/153455726/erick-thohir-janji-bumn-bantu-turunkan-harga-tiket-pesawat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm