Ilustrasi
Ilustrasi ( )

Kepribadian yang Sangat Peka, Yuk Mengenal Highly Sensitive Person

21 Agustus 2022 08:07 WIB

SonoraBangka.idHighly Sensitive Person adalah sebuah istilah yang dicetuskan oleh psikolog Elaine N Aron. 

Highly Sensitive Person (HSP) atau orang yang sangat sensitif adalah istilah untuk seseorang yang dianggap memiliki kepekaan sistem saraf pusat yang meningkat atau lebih dalam terhadap rangsangan fisik, emosional, atau sosial.

HSP termasuk ke dalam sifat kepribadian yang membawa kekuatan dan tantangan. Sering kali mereka peka terhadap hal-hal kecil yang bahkan luput dari pengamatan orang lain.

Istilah-istilah ini pertama kali diciptakan oleh psikolog Elaine Aron dan Arthur Aron pada pertengahan 1990-an, dan minat terhadap konsep tersebut terus berkembang pesat sejak saat itu.

Penting untuk diketahui Kawan Puan bahwa HSP bukan termasuk penyakit mental yang dapat didiagnosis, melainkan sifat kepribadian yang melibatkan peningkatan respons terhadap pengaruh positif dan negatif.

Melansir Verywell Mind, ada beberapa ciri atau karakteristik umum pada HSP yang bisa diidentifikasi, antara lain:

1. Menghindari film atau acara TV kekerasan

Orang yang memiliki sensitivitas tinggi tidak menikmati menonton film atau konten yang memuat kekerasan fisik atau emosional secara nyata.

Masalahnya, jika mereka menyaksikannya terlalu intens akan membuat mereka merasa tidak tenang dan resah.

2. Mudah Tersentuh oleh Keindahan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm