Ducati Italian rider Francesco Bagnaia reacts after being affected by Honda LCR Japanese rider Takaaki Nakagami's fall during the Moto Grand Prix de Catalunya at the Circuit de Catalunya on June 5, 2022 in Montmelo on the outskirts of Barcelona. (Photo by Pau BARRENA / AFP)(PAU BARRENA)
Ducati Italian rider Francesco Bagnaia reacts after being affected by Honda LCR Japanese rider Takaaki Nakagami's fall during the Moto Grand Prix de Catalunya at the Circuit de Catalunya on June 5, 2022 in Montmelo on the outskirts of Barcelona. (Photo by Pau BARRENA / AFP)(PAU BARRENA) ( KOMPAS.COM)

Mengenal Sprint Race, Aturan dan Cara Balapannya Pada MotoGP 2023

21 Agustus 2022 17:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mulai musim depan MotoGP akan mengadopsi Sprint Race, yakni balapan singkat pada hari Sabtu untuk meningkatkan antusiasme penonton sebelum balapan akhir pekan hari Minggu.

Sprint Race akan dilakukan tiap jadwal balapan 2023. Hal itu diungkapkan saat konferensi pers Sabtu (20/8/2022) yang dihadiri Jorge Viegas (FIM), Herve Poncharal (IRTA), dan Carmelo Ezpeleta (Dorna Sports).

"FIM, IRTA, MSMA, dan Dorna Sports sekarang dapat mengumumkan Format Olahraga baru yang akan diperkenalkan untuk Kejuaraan Dunia FIM MotoGP mulai tahun 2023," tulis pernyataan resmi MotoGP, Minggu (21/8/2022).

"Sprint Race akan diperkenalkan di semua Grand Prix, menciptakan program penuh aksi yang menarik untuk para penggemar di setiap hari di akhir pekan balapan MotoGP dan mempertahankan format yang konsisten di seluruh kalender," tulis MotoGP.

Format Sprint Race di MotoGP berbeda dengan yang ada di Formula 1 dan WorldSBK. Pada Sprint Race MotoGP sekadar menambah porsi balapan, bukan untuk menentukan posisi starting grid untuk balapan Minggu.

Latihan bebas dan kualifikasi

Sesi latihan bebas atau FP1 dan FP2 pada hari Jumat akan berlangsung lebih lama. Gabungan hasil dua sesi ini akan langsung menentukan tempat pebalap ke Q2. Tujuannya agar eksposur di hari Jumat juga meningkat.

Penentuan starting grid tetap sama yaitu lewat kualifikasi Q1 dan Q2 pada hari Sabtu. Kemudian bila sebelumnya latihan bebas terdiri dari empat kali atau sampai FP4, maka karena Sprint Race dipotong jadi cuma tiga.

Pada Sabtu pagi MotoGP akan memiliki latihan bebas selama 30 menit mirip seperti FP4 dan langsung diikuti Q1 dan Q2. Sprint Race kemudian akan berlangsung pada pukul 15.00 waktu setempat.

Sprint Race

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm