Transmisi D-CVT Sirion(ADM)
Transmisi D-CVT Sirion(ADM) ( KOMPAS.COM)

Perbedaan Model Tuas Transmisi Mobil Matik Dengan Alur Zig-zag dan Berbentuk Lurus?

23 Agustus 2022 17:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Jika diperhatikan, tiap mobil matik mempunyai model tuas transmisi yang berbeda-beda.

Paling sering ditemui adalah model gate dengan alur zig-zag dan yang satu lagi berbentuk lurus atau biasa disebut model straight.

Lalu, adakah perbedaan dari segi fungsinya?

Menjawab hal ini, Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri mengatakan, dari segi fungsi dua model transmisi tersebut tak berbeda.

Cuma saja memang dari segi teknik pengoperasiannya harus dipahami lebih dulu oleh pengendara.

"Fungsi keduanya sama, beda yang paling mencolok ada pada penggunaan. Kalau biasanya pakai model zig-zag terus pindah model straight harus adaptasi dulu," ucap Bambang kepada Kompas.com, Senin (22/8/2022). 

Untuk pengoperasian model zig-zag atau gate, dijalankan secara bersusun seperti anak tangga.

Jadi saat pengguna ingin memindahkan dari posisi P ke D atau ke posisi lainnya, harus dilakukan mengikuti jalur yang disedikan.

Bambang menjelaskan, demi faktor keamanan transmisi dibuat berjenjang. Nantinya, gigi transmisi tak gampang bergeser dengan sendirinya.

"Kadang tanpa sadar kaki atau gerakan tubuh kita menyenggol tuas transmisi. Karena itu, dibuat model zig-zag agar lebih aman. Tuas tak mudah bergeser ke posisi lain," katanya.

Pada model straight pun juga dilengkapi pengunci atau realese berupa tombol yang harus ditekan saat akan memindahkan tuas dari satu posisi ke posisi lain.

Karena itu, sebelum memindahkan gigi, selain kaki wajib menginjak pedal rem juga dalam waktu bersamaan harus menekan tombol tersebut.

Dengan demikian tuas transmisi baru bisa digeser, terutama dari posisi P ke D yang harus melewati R.

"Fungsinya sama saja sebagai pengaman. Perbedaan mendasar hanya pada desain," lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perbedaan Model Tuas Transmisi Mobil Matik Zig-zag dan Lurus?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/23/103100415/perbedaan-model-tuas-transmisi-mobil-matik-zig-zag-dan-lurus-?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm