Syarat dan cara daftar MyPertamina untuk beli Pertalite dan Solar secara online maupun offline(Dok. Pertamina)
Syarat dan cara daftar MyPertamina untuk beli Pertalite dan Solar secara online maupun offline(Dok. Pertamina) ( KOMPAS.COM)

Menteri ESDM Minta Masyarakat Dari Kalangan Mampu Tak Lagi Beli BBM Subsidi

23 Agustus 2022 17:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah berkomitmen untuk tetap mengupayakan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk masyarakat di tengah tingginya harga minyak.

Walau demikian, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menjelaskan, saat ini juga sedang disiapkan beberapa opsi supaya BBM subsidi tepat sasaran.

"Saat ini sedang dikaji banyak opsi secara keseluruhan, nanti kita akan pilih yang terbaik, karena subsisdi ini kompensasinya sudah berat sekali, sementara harga minyak masih cukup tinggi," ujar Arifin, dikutip dari siaran resmi ESDM, Senin (22/8/2022).

BBM subsidi seperti Solar dan Pertalite, merupakan BBM yang diberikan subsidi oleh Pemerintah memakai dana APBN, memiliki jumlah yang terbatas sesuai dengan kuota, harganya ditetapkan Pemerintah, dan diperuntukan untuk konsumen pengguna tertentu.

Karena itu, Arifin meminta agar masyarakat dari kalangan mampu, tak lagi ikut membeli BBM subsidi, Pertalite atau Solar, yang memang tidak sesuai peruntukannya.

"Pemerintah terus berupaya agar masyarakat tidak kekurangan bahan bakar. BBM bersubsidi seperti Pertalite itu hakikatnya untuk membantu masyarakat yang daya belinya itu belum cukup, jangan sampai yang sudah cukup tetapi membeli Pertalite," kata Arifin.

Sementara itu, PT Pertamina (Persero) juga terus memastikan ketersediaan stok Pertalite dan Solar dalam kondisi aman, termasuk proses distribusi yang dilakukan secara maksimal, di tengah tingginya penyerapan konsumsi BBM subsidi saat ini.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, pertumbuhan ekonomi dan kegiatan ekonomi masyarakat berdampak pada meningkatnya kebutuhan energi masyarakat.

"Rata-rata konsumsi harian BBM nasional di tahun ini sudah lebih tinggi dibandingkan konsumsi normal harian sebelum pandemi pada 2019. Untuk mengantisipasi tingginya permintaan, kami akan pastikan stok dalam kondisi aman dan distribusi ke SPBU akan kami maksimalkan," kata Irto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menteri ESDM Minta Masyarakat Mampu Tak Lagi Beli BBM Subsidi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/23/113100515/menteri-esdm-minta-masyarakat-mampu-tak-lagi-beli-bbm-subsidi.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm