Ilustrasi wok
Ilustrasi wok ( UNSPLASH/Clem Onojeghuo)

Agar Lapisannya Tetap Awet, Berikut Tips Bersihkan Wajan Wok

23 Agustus 2022 20:31 WIB

SonoraBangka.id -  Sedang ingin membuat menu masakan China seperti nasi goreng atau capcay? Masakan tersebut akan lebih khas, jika dimasak dalam wajan wok. Wajan dengan alas bundar ini bisa digunakan untuk aneka tumisan atau oseng. Ada dua jenis wajan wok yaitu yang terbuat dari material carbon steel dan carbon. Kedua jenis wajan wok ini perlu dibersihkan dan dirawat dengan cara yang benar agar lapisannya tidak memudar. Dikutip dari beberapa sumber, simak cara bersihkan wajan wok yang benar.

1. Hindari menggunakan sabun pembersih

Dilansir dari laman Taste of Home, hindari untuk menggunakan sabun atau pembersih seperti spons dari kawat. Lebih baik, gunakan air hangat dan gosok secara perlahan dengan spons halus di dapur rumahmu.

2. Keringkan dengan handuk

Sebelum di letakkan di atas kompor, sebaiknya keringkan wajan dengan handuk. Lakukan hingga tidak ada air yang menetes dari wajan wok. Cara ini bisa mencegahnya cepat berkarat.

3. Cara bersihkan wajan wok dari makanan yang menempel

Sisa makanan yang menempel dan terbakar di wajan wok sering kali mengganggu. Kamu bisa membersihkannya dengan cara direndam sekitar lima menit untuk melonggarkan partikel. Bersihkan seperti biasa dengan spon lembut dan air hangat.

4. Cara bersihkan wajan wok dengan bahan makanan

Dilansir dari Fine Cooking, kamu bisa memanaskan wajan wok dengan bahan masakan. Tuang sekitar dua sendok makan minyak sayur. Tambahkan dengan setengah cangkir irisan jahe dan seikat daun bawang. Panaskan di atas api kecil hingga sedang. Tumis dengan spatula hingga baunya tercium. Lakukan selama 20 menit. Buang bahan makanan dan cuci wajan wok dengan spons lembut dan air panas. Keringkan. Proses ini bisa mengembalikan warna wajan wok dan melindungi lapisan patina di wajan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Bersihkan Wajan Wok agar Lapisannya Tetap Awet", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/08/23/131700575/4-cara-bersihkan-wajan-wok-agar-lapisannya-tetap-awet.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm