Herman Suhadi, Ketua DPRD Babel
Herman Suhadi, Ketua DPRD Babel ( Bangkapos.com/Riki Pratama )

Herman Suhadi Mendorong Pemanfaatan Wisma Bougenville di Belitung

24 Agustus 2022 15:12 WIB

SonoraBangka.idHerman Suhadi selaku Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengatakan, pemprov memiliki aset yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pariwisata seperti keberadaan wisma Bougenville.

"Ini sebagai pemikiran awal, jangan sampai ketika Belitung ini sudah menjadi destinasi utama pariwisata kita tidak ikut ambil bagian di dalamnya," kata Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi, Rabu (24/8/2022).

Ia mengatakan, wisma Bougenville memiliki daya tarik tersendiri selain dapat menjadi cagar budaya di Belitung juga posisinya sangat strategis berada di Tanjungpandan Belitung, dengan dengan objek wisata Tanjungpendam.

"Peluang inilah tentunya yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah provinsi untuk mendukung sektor pariwisata di pulau Belitung. Kita pemprov harus hadir sebagai pendukung pariwisata di Belitung ini, salah satunya bisa kita mulai dari sini," terangnya.

Herman menyarankan nantinya harus dibuatkan planing untuk dapat memunculkan konsep yang asli cagar budaya dan ide-ide kreatif sebagai daya tarik dan dapat menjadi pemimpin pasar.

"Kita harus fokus, jangan setengah-setengah kalau memang mau membangun Bougenville sebagai salah satu tempat menginap terbaik di Belitung. Dan ini juga akan dijadikan sebagai pilot project bagi aset-aset pemprov dalam memaksimalkan sumber pendapatan asli daerah," katanya.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Babel, Hendra Apollo menambahkan, untuk pengembangan pariwisata di Babel khususnya di Pulau Bangka menurutnya masih jalan di tempat.

Tetapi berbeda dengan Pulau Belitung, pariwisatanya berkembang pesat hingga saat ini.

"Untuk sekarang di Pulau Bangka masih jalan di tempat, kalau di Belitung berjalan sudah bagus. Tetapi memang fokus wisata untuk di Belitung dengan dibuktikan IUP pertambangan hanya ada di Bangka, di Belitung tidak ada," katanya. 

Dia menjelaskan, dengan masih berjalan di tempat pariwisata di Pulau Bangka, diharapkan menjadi perhatian pemerintah dalam upaya memajukan pariwisata.

"Kita juga menunggu gerakan Pj Gubernur Babel dengan stafnya kalau bisa adakan event di Babel, tujuannya untuk mempromosikan daerah kita seperti wisata desa ini," ujarnya.

Tak hanya itu, politikus Golkar ini mengatakan bahwa Babel memiliki banyak tempat wisata yang unik bagus untuk dikembangkan dan diperkenalkan secara luas.

"Bagus-bagus karena saya pernah pergi ke daerah Desa Kemuja, bakal dibangun wisata religi, wisata santri. Makanya kalau bisa di daerah lainnya juga dikenalkan seperti itu," lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Ketua DPRD Babel Dorong Pemanfaatan Wisma Bougenville di Belitung, https://bangka.tribunnews.com/2022/08/24/ketua-dprd-babel-dorong-pemanfaatan-wisma-bougenville-di-belitung.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm