Ilustrasi anak melakukan pekerjaan rumah
Ilustrasi anak melakukan pekerjaan rumah ( shutterstock)

Ini 4 Tugas Rumah Tangga yang Membangun Sikap Inisiatif Anak Balita

27 Agustus 2022 19:38 WIB

SonoraBangka.id - Tentunya menjadi tujuan yang mulia jika sebagai orang tua, menumbuhkan anak yang punya inisiatif tinggi.

Untuk itu, orang tua perlu mengajarkan tanggung jawab pada anak guna membangun sikap inisiatif yang bermanfaat bagi kehidupannya kelak.

Inisiatif adalah kemampuan seseorang untuk mengambil peranan mengenai apa yang baik bagi kehidupan masa kini atau masa depan.

Melansir Times of India, ada beberapa tugas rumah yang dapat membangun sikap inisiatif pada anak balita atau prasekolah. Yuk, simak!

1. Merapikan Tempat Tidur

Sejak bangun tidur, ajarkan anak merapikan tempat tidur terlebih dulu sebelum beraktivitas di luar kamar tidurnya.

Semakin lama, anak akan sadar terhadap tanggung jawabnya untuk menjaga kebersihan di ruang-ruang yang ditempatinya.

Anak balita mungkin membutuhkan bantuan di awal untuk menyelesaikan pekerjaannya, misalnya menumpuk bantal atau melipat selimut.

Untuk itu, bantulah anak dalam beberapa waktu sampai mereka mempelajarinya sepenuhnya.

2. Membersihkan Debu

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm