Tutup pentil ban(Dicky Aditya Wijaya)
Tutup pentil ban(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Peran Penting Dari Tutup Pentil Ban yang Sering Dianggap Sepele

28 Agustus 2022 20:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Kegiatan Memeriksa tekanan udara ban menjadi salah satu bentuk perawatan wajib yang harus dilakukan.

Karena dalam jangka waktu tertentu, udara di dalam ban bisa berkurang. Tapi selain itu, penting juga memperhatikan tutup jalan masuknya udara, yakni tutup pentil ban. 

Tak sedikit sampai saat ini pemilik mobil yang menggangap tutup pentil ban cuma sebagai aksesoris saja. Padahal meyepelekan fungsinya bisa merepotkan.

Perawatannya pun tidaklah sulit, yang terpenting menjaganya selalu tertutup rapat. Namun pada kenyataannya banyak yang menganggap sepele fungsi tutup pentil ban. 

Bahkan, sering dijumpai sebagian pemilik yang membiarkan ban mobilnya tidak menggunakan tutup pentil. 

Perlu diketahui fungsi dari tutup pentil tak cuma pelengkap atau aksesoris, namun untuk mengencangkan isi pentil atau core. 

Aan Nugroho Product Development Manager Otobox Supermarket Ban Indonesia mengatakan, core bertugas menahan udara keluar agar ban tidak kempis. Ada penutup berbahan karet, sehingga tekanan udara ban tidak berubah.

"Tutup pentil ban itu berguna membuka atau mengencangkan tutup pentil. Sebenarnya untuk mengencangkan, tapi sekaligus juga menahan tekanan udara dari dalam ban," ucap Aan kepada Kompas.om, Sabtu (27/8/2022). 

Kalau ditemukan kasus core yang kendur, maka udara di dalam ban bisa keluar secara perlahan atau biasa disebut bocor halus.

Karena itu, sebagian pabrikan membuatkan tutup pentil yang memiliki fungsi untuk mengencangkan core.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm