Ilustrasi tutup tangki BBM (Dicky Aditya Wijaya)
Ilustrasi tutup tangki BBM (Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Anti-bingung, Ini Cara Gampang Ketahui Posisi Tutup Tangki BBM Mobil

29 Agustus 2022 16:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Tidak sedikit pemilik mobil baru atau pengendara yang menyewa mobil rental, binggung tentang posisi tutup tangki bahan bakar.

Hal ini cukup wajar, mengingat posisi tutup tangki BBM biasanya tiap mobil berbeda-beda, ada yang di kanan atau kiri.

Tapi kondisi ini akan menjengkelkan ketika akan mengisi BBM di SPBU. Karena bingung, tak jarang pengendara sampai turun dari mobil untuk melihat posisi tutup tangkinya.

Padahal, tak perlu repot untuk mengetahui letak tutup tangki BBM pada mobil. Semua petunjuk sudah jelas tertulis pada buku pedoman pemilik atau bisa melihat dari indikator pada panel speedometer.

"Dalam buku pedoman pemilik mobil disebutkan posisi tangki BBM bisa diketahui cukup melihat indikator speedometer," ucap Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto, kepada Kompas.com, Minggu (28/8/2022). 

Bambang menjelaskan, indikator letak posisi tutup tangki BBM dilambangkan logo berupa dispenser yang dilengkapi anak panah kiri atau kanan. Cuma melihat sepintas, pengemudi sudah bisa mengetahui letak pasti tutup tangki BBM.

"Kalau biasanya harus cek spion dulu, cukup paham cara baca indikator meter BBM di panel speedometer sudah sangat membantu," katanya. 

Tak cuma letak tutup tangki BBM, kadang ada pengemudi yang belum paham letak tuas pembuka tutup tangki BBM.

Karena biasanya tiap mobil yang beredar di pasaran posisi tuas ada yang terletak di bagian bawah jok, ada juga yang di tempatkan di dekat tuas pembuka kap mesin. 

"Umumnya tuas pembuka tutup tangki beberapa mobil tipe MPV dan sedan berada di bawah jok pengemudi tapi kadang ada juga yang di tempatkan dekat handle pembuka kap mesin," kata Bambang. 

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana mengatakan hal yang sama.  Kadang-kadang masih banyak pengemudi yang bingung membedakan posisi tutup tangki di sebelah kiri atau kanan.

Logo panah di sebelah kiri menandakan posisi tutup tangki BBM juga berada di kiri. Atau berlaku sebaliknya. Ada sebagian mobil juga yang menggunakan logo gambar dispenser SPBU. 

"Biar tidak keliru bisa lihat dari panel speedometer. Ada dua jenis petunjuk indikator posisi tangki BBM, pertama menggunakan gambar SPBU, kemudian ada juga yang ditunjukan gambar anak panah," kata Andika.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anti-bingung, Ini Cara Mudah Ketahui Posisi Tutup Tangki BBM Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/29/093100315/anti-bingung-ini-cara-mudah-ketahui-posisi-tutup-tangki-bbm-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm