Ilustrasi tempe yang terbuat dari kedelai
Ilustrasi tempe yang terbuat dari kedelai ( Dok. Pexels/cottonbro )

Mudah Ditemui, Berikut 3 Keunggulan Olahan Fermentasi Kedelai

1 September 2022 06:36 WIB

SonoraBangka.id - Fermentasi merupakan metode pengolahan bahan makanan yang sudah dikenal sejak lama. Teknik ini umum digunakan untuk mengolah kedelai menjadi beragam produk makanan. Fermentasi tidak hanya menghasilkan sajian baru. Produk yang diolah dengan metode ini juga memiliki sejumlah keunggulan. Setidaknya, ada tiga keunggulan olahan fermentasi kedelai yang disampaikan oleh Dr. Ardiansyah, dosen di Universitas Bakrie dalam seminar seminar "The 1st Soyfood and Beverages Symposium: The Future of Soyfood and Beverages Business" pada Selasa (30/8/2022). 

1. Lebih awet daripada makanan non fermentasi

Daya simpan produk fermentasi kedelai terbukti lebih awet daripada makanan non fermentasi. MenurutArdiansyah, hal tersebut disebabkan oleh asam laktat yang dihasilkan selama proses fermentasi sehingga menyebabkan mikroba penyebab patogen tidak bisa tumbuh.

2. Mengandung banyak nutrisi

Selanjutnya, produk fermentasi kedelai yang mengandung beragam nutrisi membuat olahan ini lebih unggul. Kedelai sendiri memiliki kandungan gizi berupa karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. Ardi menyampaikan, fermentasi yang dilakukan terhadap kedelai semakin meningkatkan nilai gizi makanan ini. "Terjadi pemecahan sumber karbohidrat sehingga lebih mudah dicerna, termasuk juga proteinnya yang merupakan peptida dan asam amino yang sangat baik untuk konsumsi," kata Ardiansyah.

3. Murah dan mudah ditemui

Produk fermentasi kedelai di Indonesia cukup beragam. Beberapa di antaranya adalah tempe, kecap, dan tauco. Menurut Ardi, berbagai olahan fermentasi kedelai tersebut sangat mudah ditemui di Indonesia dan murah harganya. "Beberapa produk fermentasi, seperti tempe, jadi tempe menjadi sumber protein dan tentunya dengan harga di Indonesia lebih murah," ujar Ardiansyah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Keunggulan Olahan Fermentasi Kedelai, Lebih Awet dari Makanan Biasa", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/08/31/193200275/3-keunggulan-olahan-fermentasi-kedelai-lebih-awet-dari-makanan-biasa.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm